Turkish Summer School 2018 telah dibuka! Ini Persiapan dan Langkah Praktisnya ala Ferry

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Teman-teman pembaca semuanya, saya mau kasih info dulu nih kalau Turki sedang membuka Sekolah Musim Panas atau Summer School buat seluruh warga negara non Turki. Sejak 2009 sampai dengan 2017 Turki konsisten untuk melakukan program Summer School ini. Syaratnya apa aja? Simak terus ya sampai akhir.

Saya sebelumnya mencari info dulu bagaimana sih kegiatan yang dilakukan selama Summer School di Turki. Institusi yang mengadakan ini adalah Yunus Emre Institute. Disana kita bakal belajar tentang bahasa turki, kebudayaan turki, belajar hidup di turki, dan banyak lagi agenda kebersamaan lainnya yang intinya memperkenalkan budaya Turki.

Setelah saya browsing ternyata saya menemukan suatu yang luar biasa. Apa itu? Saya mendapatkan informasi dari website berkuliah tentang pengalaman seorang pemuda yang berasal dari Universitas di Jakarta yang mengikuti program Summer School 2014. Nah dia ikut program Summer School dengan penolakan dua kali! Dan baru setelah pendaftaran ketiga dia baru keterima. What a struggle!

Yang lebih amazing lagi adalah dia itu pemuda satu-satunya asal Indonesia yang lolos mengikuti Summer School di Turki. Dan yang lebih kerennya lagi katanya dia adalah satu-satunya pemuda asal Asia Tenggara yang mengikuti program tersebut. Brilliant!

Yang membuatku lebih surprise adalah namanya sama seperti namaku, Ferry. Semoga di tahun 2018 ini namaku yang benar-benar lolos ikut program Summer School. Hehe Aamiin doain ya.

Who can apply?

Menurut informasi Türkçe Yaz Okulu (artinya Sekolah Musim Panas Turki), Last Summer diikuti oleh 700 student dari 57 negara. WOW, kan? Siapa aja sih yang bisa ikut daftar? Persyaratannya bisa dibilang mudah tidak terlalu sulit seperti beasiswa-beasiswa pada umumnya. Apa aja sih persyaratannya?

Everyone yang berumur antara 18-35 tahun. Kalau belum cukup umur atau lewat batas gak bisa ya. Hehe

Belum pernah mengikuti Summer School di Turki. Yang sudah pernah tidak bisa mengikuti lagi. Kasih kesempatan yang lain dong. Hehe

Warga negara non Turki yang bisa mengikuti program ini. Kompetitif banget pokoknya.

Everyone yang suka menjelajahi hal baru dalam satu bulan yang disediakan di program Summer School. Siapa coba yang gak mau itu? Saya sih mau banget

Menjadi paritisipan dalam multicultural team. Ya nanti kan hampir dari seluruh negara mengikuti program ini, jadi bisa bergabung dan berbaur saling kerja sama dan bersosialisasi antar negara.

Ngapain aja sih Turkey Summer School?

Tukish Summer School bakal diadain dari tanggal 16 Juli 2018 sampai dengan 12 Agustus 2018. FULLY FUNDED!! Semua biaya dari mulai penerbangan ke dan dari Turki, makanan, penginapan (asrama atau guest house), semuanya ditanggung oleh Yunus Emre Institute.

Gak ketinggalan juga peserta bakal mendapatkan kelas bahasa yang diadakan setiap hari Senin-Jumat selama 3,5 jam. Mulai dari belajar grammar, structure, vocab, listening, reading, writing, speaking, dan semua exercisenya.

Kelas juga bukan hanya mengadakan kelas bahasa saja. Tetapi kelas budaya juga diberikan kepada semua peserta Summer School. Nah di Turki juga kita bakal dibagi beberapa grup dan akan hidup di kota-kota yang ada di Turki. Sekitar 81 kota akan dijelajahi oleh semua peserta Summer School.

Belajar tentang makanan turki, pasar, kelas memasak, tempat-tempat sejarah, dan kebudayaan lainnya. Setiap weekend bakal dikumpulin lagi buat share each other tentang pengalaman hidup di kota tersebut.

Untuk tahun 2018 ini, saya mencoba daftar Turkish Summer School. Bagi teman-teman yang mau ikutan, segera daftar aja. Persyaratannya gak susah kok, Deadlinenya 31 Maret 2018 lho.

Saya mau kasih tutorial nih buat teman-teman pembaca supaya bisa nyiapin persyaratan sebelum daftar onlinenya. Jadi pas mau daftar gak usah bolak balik ke kampus buat ngelengkapin data yang kurang.

Let’s check this out

Pertama, Go to Website Türkçe Yaz Okulu

Masuk dulu ya ke websitenya nanti register dulu ya kalau belum sign in. Kalau lupa ya reset password. Gampang, kan?

Kalau udah register, nanti kalian bakal dapat email verifikasi yang nantinya mengarah ke edit profile. Disana kita disuruh buat create password lagi. Yang diinget ya passwordnya. Hehe

Ada kosakata yang perlu kalian ketahui, karena ada bahasa Turki yang dicantumi dalam aplikasinya.

TASLAK KAYDET = SIMPAN DRAFT

SONRAKI SAYFA = HALAMAN BERIKUTNYA

ӦNCEKI SAYFA = HALAMAN SEBELUMNYA

ӦNIZLEME = PREVIEW

STEP 1

Pada step ini kalian disuruh membaca note yang disana intinya untuk memastikan data yang kalian submit itu benar. Juga menerangkan bahwa step 2 dan selanjutnya itu ada 8 tahapan yang isinya harus benar-benar akurat. Jangan sampai ada rekayasa

STEP 2

Pada Step 2 kalian disuruh untuk mengisikan personal data. Ada yang penting disana, yaitu passport. Jadi gak usah khawatir bagi yang belum memiliki passport. Yang belum pun bisa berkesempatan untuk mengikutinya program Turkish Summer School. Tapi menurutku kalau udah punya passport lebih menunjukkan kesiapannya deh. Tapi intinya panitia pelaksana dari Yunus Emre Institute tidak menyaratkan harus ada passport.

 

STEP 3

Step 3 menunjukkan Contact Infromation. Tidak ada masalah di step ini. InsyaAllah lancar-lancar saja. Cuma ngisi negara, alamat, nomor handphone, dan terakhir alamat sosial media.

STEP 4

Nah di Step ini kita sebelumnya harus punya file ijazah dan  transkrip. Di translate dulu ya, kan kalau submit ijazah atau transkrip ke luar negeri biasanya dalam bahasa inggris. Penting juga translate ijazah atau trankrip ini buat kalian yang mau daftar beasiswa ke luar negeri.

STEP 5

Kalau di step ini adalah step paling gampang. Kalian disuruh ngisiin native language dan sejauh mana tentang bahasa Turki. Kalau saya sih jawabnya No karena memang belum belajar meskipun sekarang lagi nyari beasiswa master degree di Turki. Doain ya. Nah kalau jawabnya Yes, kalian bakal ditanyain sudah sampai level mana bahasa Turkinya.

STEP 6

Pada step 6 ini kalian disuruh buat ngisiin work experience. Lebih banyak lebih bagus kayaknya deh. Cocok banget nih buat yang sering resign dari tempat kerja, banyak data nanti yang diisinya. Hehe becanda

STEP 7

Nah di Step 7 ini kalian bakal disuruh buat ngisiin apa saja ketertarikan kalian. Banyak banget dari mulai astrologi, makanan, buku, teknologi, komputer, dance, travel, dan lain-lain. Ceklis aja gampang kok.

STEP 8

Kalau di Step 8 ini kalian ditanya tentang Turkey Experience. Kalau saya sih belum pernah ke Turki ya jawabnya tidak. That was my dream to Traveling in Turkey. Lalu ditanya dimana kalian dapat info Summer School. Kalau kalian dapat informasi dari blog aku, cantumin di “Other” ya sekalian promosi blog. Hehe

Gak kalah menantang, disini kalian disuruh menulis essay pendek kenapa kalian tertarik untuk join di Turkish Summer School. Kalian dibatasi 1000 karakter with spasi untuk mengexplore atau meyakinkan panitia kenapa kalian ikut di Program Summer School tersebut.

Terus ditanyain udah dapat beasiswa belum, udah pernah mengikuti program lain Yunus Emre Enstitusu atau belum, ada kenalan gak di Turki.

STEP 9

Nah disini kalian dapat melihat Application Reviewnya. Pastikan semuanya di cek secara benar. Karena hanya sekali kesempatannya. Kemudian jika sudah yakin, klik Submit.

Selesai deh. Selamat Mencoba. Semoga saya dan kalian termasuk ke dalam peserta yang mengikuti program Summer School di Turki nanti Juli sampai Agustus mendatang.

SEMANGAAATTTT

Share ya jika bermanfaat. Biar semakin banyak pemuda Indonesia berbicara di kancah Internasional.

 

39 thoughts on “Turkish Summer School 2018 telah dibuka! Ini Persiapan dan Langkah Praktisnya ala Ferry

    • 18/03/2018 at 10:16 PM
      Permalink

      haha ok ok..

      Reply
      • 17/07/2018 at 8:47 AM
        Permalink

        Mas mau tanya, program summer school ini khusus yang untuk mahasiswa atau fresh graduate/yang uda bekerja boleh ikut apa tidak? Terima kasih

        Reply
  • 22/03/2018 at 1:17 AM
    Permalink

    bisa gak kalau misalnya kita gunakan berkas yang di translated 2015 ? soalnya saya pernah ikut beasiswa lain yang syaratnya juga translate berkas semua.

    Reply
    • 23/03/2018 at 8:34 AM
      Permalink

      klo original translated mah digunainnya kapan aja bisa.

      Reply
  • 22/03/2018 at 9:05 AM
    Permalink

    Bang saya mau nanya ini bisa pakai ijazah SMA gak?

    Reply
    • 23/03/2018 at 8:36 AM
      Permalink

      bisa coba aja. emang blm lulus kuliah ya? coba klo blm lulus, minta surat kterangan masih kuliah

      Reply
  • 22/03/2018 at 8:41 PM
    Permalink

    asslamualiakum kak, pada step 4 bagiamana dengan yang masih kuliah S1, isinya transkip nilai SMA aja atau dengan transkip nilai kuliah sampai semester terakhir?
    terima kasih sebelumnya. Blog kakak sangat membantu sekali.

    Reply
    • 23/03/2018 at 8:43 AM
      Permalink

      Waalaikumsalam dek. pada step 4 kalau masih kuliah berarti minta surat keterangan masih kuliah dari kampusnya. transkripnya juga ada dua, transkrip SMA dan transkrip kuliah sampe semester yang sekarang lagi kuliah.

      Reply
  • 24/03/2018 at 3:42 PM
    Permalink

    Assalamualaikum.
    bang, transkip nilai SMA itu gimana bentuk nya yah??

    Reply
    • 25/03/2018 at 6:07 PM
      Permalink

      Waalaikumsalam warahmatullah. Transkrip nilai SMA itu transkrip nilai UN Dan UAS.

      Reply
      • 26/03/2018 at 3:40 PM
        Permalink

        Baik bang trimakasih infonya..

        Reply
        • 26/03/2018 at 4:13 PM
          Permalink

          sip sama-sama

          Reply
  • 26/03/2018 at 3:41 PM
    Permalink

    bang tanya sekali lagi, kalo blm lulus kuliah apa perlu ijazah SMA juga dilampirkan? atau cukup transkip nilai & surat aktif kuliah??

    Reply
    • 26/03/2018 at 4:14 PM
      Permalink

      Mending cantumin aja deh biar lebih meyakinkan panitianya. hehe

      Reply
  • 27/03/2018 at 5:04 PM
    Permalink

    Halo ka, saya ingin bertanya. Transkrip nilai sma yg sekolah saya kasih saya nilai saya dr semester 1-6. Lalu bagaimana ya? Apa saja cantumkan saja transkrip + ijazah? Lalu untuk ijazah tidak apa apa untuk ditranslate mandiri giu tidak dr sekolah?

    Reply
    • 27/03/2018 at 5:20 PM
      Permalink

      Kalau saya sih gak ditranslate. Bisa sih mandiri tapi harus lembaga tertentu yang sudah tersertifikasi.

      Reply
  • 28/03/2018 at 7:57 PM
    Permalink

    Aku udah daftar sekitar dua mingguan, tapi aku lupa udah nyantumin file nya transkip atau belum. Nah tanya dong kak. Kalo datanya belum lengkap gak bisa lanjut ke halaman selanjutnya kan? Lupa soalnya . Makasiih. Soalnya disitu kan transkip buat diploma. Nah aku baru lulus SMA trus gak aku cantumin. Makasih. Takut soalnya. Hehe

    Reply
    • 28/03/2018 at 8:21 PM
      Permalink

      Kalau ada yang belum diupload biasanya suka ada pemberitahuan. jadi kayaknya hamba Allah udah beres submitnya dan transkripnya juga sudah. Jadi tenang aja jangan takut. hehe

      Reply
  • 29/03/2018 at 10:12 AM
    Permalink

    bang alamat blog ka Ferry apa, kepo saya

    Reply
  • 30/03/2018 at 2:42 PM
    Permalink

    hallo kak, web-nya sangat membantu. mau nanya, untuk yg GPA high school itu kaka masukin GPA UAS atau UN? Terima kasih

    Reply
    • 03/04/2018 at 9:48 AM
      Permalink

      terima kasih sudah berkunjung. Yang dimasukin GPA UN aja

      Reply
  • 30/03/2018 at 6:48 PM
    Permalink

    bang kalo ijazahnya sudah bilingual apa perlu di translate lagi ?

    Reply
    • 03/04/2018 at 9:49 AM
      Permalink

      Kayaknya gak perlu deh. keren gitu ijazahnya udah bilingual. Mantap..

      Reply
  • 31/03/2018 at 8:09 PM
    Permalink

    Kak, tanya dong. Ini gak ada kesempatan buat ngubah data ya? Aku kan belum lulus kuliah, nah aku liat ada di step 4 itu suruh upload diploma kan, aku nya belum lulus, jadi nggak ku upload. Cuma upload transkrip smpe smstr terakhir ini aja. Itu gmna kak?

    Reply
    • 03/04/2018 at 9:50 AM
      Permalink

      Selama belum disubmit, masih bisa rubah data. Kalau belum lulus mah minta surat keterang masih kuliah (English) dan transkripnya ya sampai semester terakhir aja.

      Reply
  • 31/03/2018 at 8:16 PM
    Permalink

    Hallo kk, klo lp paswordnya gmn ya?
    ga bs buat lgi gtu?
    mohon bantuannya
    trmksh

    Reply
    • 03/04/2018 at 9:51 AM
      Permalink

      Aduh maaf baru nyadar kalau udah lewat tanggal 31. semoga udah terselesaikan masalahnya. 🙂

      Reply
  • 03/04/2018 at 7:38 PM
    Permalink

    bang, ini pengumuman hasilnya kapan keluar?

    Reply
    • 04/04/2018 at 9:21 AM
      Permalink

      Kurang tau nih. Saya juga applicant. 🙂 semoga lolos ya

      Reply
  • 14/04/2018 at 7:07 PM
    Permalink

    gan, boleh minta nomor wa nya nggak? kalau boleh bisa dikirim ke email saya aja gan di abdullah.dullah13@student.untan.ac.id soalnya saya mau berbagi pengalaman terkait sekolah musim panas diturki nih gan hehe trima kasih.

    Reply
  • 08/05/2018 at 10:16 AM
    Permalink

    Bang, ini tiap tahun diadakan kan ? Biasanya bulan apa ya tiap tahunnya ? Pengen daftar buat tahun depan hehe

    Reply
    • 08/05/2018 at 2:20 PM
      Permalink

      Betul tiap tahun.

      Reply
  • 23/05/2018 at 10:03 PM
    Permalink

    blog yang bermanfaat! pak mau nanya apa bapak keterima summer school ini?

    Reply
    • 26/05/2018 at 7:02 AM
      Permalink

      terima kasih atas kunjungannya. saya belum diterima di summer school ini mbak.

      Reply
    • 25/06/2018 at 8:25 AM
      Permalink

      Saya mah gak lolos. Hehe

      Reply
  • 24/06/2018 at 11:41 AM
    Permalink

    Permisi mas mau tanya selain isi formulir diatas ada tes tes nya gitu gaak?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: