150 views

Tips WHO Untuk Mencegah Terjangkit Virus Corona

Seperti yang diketahui saat ini yaitu penyebaran virus corona yang membuat resah dunia. Saat ini segala aktivitas terhambat. Berbagai kegiatan dilakukan di rumah. Adanya jaga jarak antara satu orang dengan yang lainnya. Membuat ruang gerak menjadi terbatas. Masyarakat seolah kini terperangkap.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk melawan dan membasmi virus ini. berbagai kebijakan pun telah dilakukan oleh pemerintah untuk memutus rantai penularan virus ini. Virus dari famili Coronaviridae ini dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan ringan hingga sedang. Dimana tanda-tandanya seperti halnya penyakit flu.

Akan tetapi, beberapa jenis dari kelompok virus ini juga bisa menimbulkan penyakit yang lebih serius, di antaranya adalah virus MERS dan SARS. Seperti yang diketahui jika keduanya termasuk jenis coronavirus yang pernah teridentifikasi menjangkiti manusia.

Tips Mencegah Virus Corona

Menurut WHO, virus dari kelompok korona ini termasuk jenis virus zoonosis, yang artinya ditularkan melalui hewan ke manusia. Kemudian, virus ini baru bisa diteruskan dari manusia ke manusia. WHO memberikan tips untuk mencegah terjangkit oleh virus ini. Adapun tips yang diberikan sebagai berikut:

1.Mencuci tangan dengan sabun

cuci tangan dengan sabun (dok. halodoc.com)

Seperti yang kita ketahui jika mencuci tangan dengan baik dan benar minimal 20 detik di bawah aliran air bisa membasmi kuman yang ada di tangan. Mencuci tangan dengan menggunakan gel pembasmi kuman pun sangat efektif untuk membantu membunuh kuman-kuman yang menempel di tangan. Usahakan ketika mencuci tangan, semua bagian tangan ikut tercuci dengan bersih termasuk punggung tangan, sela-sela jari sampai kuku.

2. Selalu Menutup Mulut dan Hidung Ketika Ada yang Batuk dan Bersin

tutup hidung dan mulut ketika bersin dan batuk (dok. kesekolah.com)

Untuk mencegah penularan virus, ada baiknya jika anda batuk ataupun bersin sebaiknya menutup mulut dan hidung. Begitu juga jika anda berada di dekat orang yang saat itu sedang batuk dan bersin. Ada baiknya untuk melindungi diri dengan menggunakan masker. Meskipun masker tidak berarti benar-benar melindungi, akan tetapi ini bisa menurunkan risiko tertular virus.

 3. Tidak Meludah Sembarangan

tidak meludah sembarangan (dok. kompas.com)

Tidak meludah sembarangan menjadi salah satu cara untuk mencegah terjangkit virus ini. jika anda sedang mengalami demam ataupun flu, ada baiknya untuk tidak meludah sembarangan. Karena kita tidak tahu virus apa saja yang akan menempel pada air liur kita nantinya jika dibuang sembarangan. Sehingga bisa menginfeksi orang lain.

4. Hindari bepergian saat sedang demam dan batuk.

hindari pergi saat sakit (dok. grid.id)

Ada baiknya jika tubuh sedang tidak dalam kondisi yang fit maka jangan memaksakan diri untuk bepergian. Karena daya tahan tubuh yang sedang lemah dapat membuat anda lebih rentan untuk terinfeksi virus. Maka dari itu, untuk menurunkan resiko tertular, sebaiknya jika sedang tidak sehat, lebih baik anda dirumah saja.

5. Menggunakan Masker Ketika Bepergian Keluar Rumah

menggunakan masker saat keluar rumah (dok. harnas.co)

Masker bisa melindungi anda dari terpaparnya virus. Akan tetapi perlu diperhatikan jika penggunaan masker tidak 100% aman untuk melindungi diri dari virus corona. Setidaknya ketika anda menggunakan masker, anda dapat menurunkan tingkat resiko terpapar virus ini.

Nah, itu dia tips yang diberikan WHO untuk mencegah terjangkitnya coronavirus ini. Adapun untuk terhindar dari virus ini adalah dengan rajin-rajin mencuci tangan dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Sehingga daya tahan tubuh anda baik. Jika daya tahan tubuh baik, maka virus apapun akan sulit untuk menginfeksi anda.

Dengan berkonsultasi pada dokter ahlinya juga menjadi cara yang ampuh. Dengan berkonsultasi tentang makanan sehat yang harus dimakan ataupun bagaimana pola hidup yang sehat. Anda bisa berkonsultasi dengan bebas dan menemui banyak dokter terpercaya pada aplikasi halodoc.

Halodoc memberikan anda kemudahan dan kenyamanan dalam berkonsultasi. Meskipun tidak boleh keluar rumah, tapi anda tetap bisa berkonsultasi melalui aplikasi halodoc. Sehingga anda bisa lebih sehat dan mulai mengatur pola hidup sehat agar terhindar dari virus corona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *