Tips Memilih Jurusan Kuliah Secara Cepat Ala Feriald

Setelah lulus SMA mau kemana? Ada gak sih ketakutan nanti pas kuliah disebut mahasiswa salah jurusan? Pastinya ada kan ya rasa khawatir dalam diri  kalian. Nah aku disini mau ngasih tips nih buat kalian teman-teman yang mau lulus SMA biar gak salah jurusan.

Aku mau cerita dulu nih semoga kalian bisa ambil pelajaran dari kisah nyata ini.

Waktu dulu SMA, ada seorang kakak kelasku yang masuk kelas internasional. Kelasnya hanya dihuni oleh tiga puluh orang, terpilih dari satu angkatan yang berjumlah sekitar dua ratus orang. Notabene yang mendapat rangking bawah dikelasnya itu masih unggul nilai akademiknya dibandingkan dengan siswa lain yand berada di kelas regular.

Pas mau tes SPMB (sebelum namanya dirubah menjadi SNMPTN dan SBMPTN) dia tes mengambil jurusan yang sesuai diminatinya, yaitu Sastra Inggris UNPAD. Meskipun kata orang itu bukan jurusan favorit tapi ya namanya juga minat apa boleh buat. Gak ada yang menghalanginya dan keukeuh buat ngambil jurusan sastra inggris.

Karena kemampuannya memang diatas rata-rata maka gak ada kesulitan buatnya dalam mengerjakan soal-soal ujian. Dan tibalah hari saat pengumuman SPMB pun tiba. Hatinya gak terlalu deg-degan, perasaannya tenang sesaat sebelum membuka hasil via website. Namun suasananya berubah ketika dia mendapatkan hasil bahwa dia masuk ke jurusan Sastra Indonesia! Anehnya dia sendiri tidak mencantumkan nama jurusan tersebut di pilihannya. Lho kok bisa?

Setelah ditelusuri ternyata dia salah mencantumkan kode jurusan di LJK sehingga dia masuk ke jurusan yang sebenarnya tidak diinginkannya. Akhirnya dia masuk dunia perkuliahan dengan status mahasiswa salah kode jurusan.

Kira-kira pelajaran apa yang bisa diambil? Coba renungkan ya


Tips Memudahkan Kamu Memilih Jurusan Secara Cepat

Kali ini aku mau ngasih tips semoga bisa memberikan jalan pintas agar kalian bisa mantap dengan jurusan yang kalian pilih.

Pertama, Pilih Jurusan-Jurusan yang Kamu Sukai. Coba kira-kira pelajaran apa yang kamu sukai di SMA. Nah itu bisa dijadikan patokan buat nentuin jurusan kamu nanti. Kalau bisa, pilihlah lebih dari satu jurusan. Kenapa? Ya setidaknya kalau kamu gak masuk pilihan utama bisa pindah ke pilihan cadangan yang masih kamu sukai.

Kedua, Banyak Nanya ke Kakak kelas. Kadang pas waktu browsing di internet itu membingungkan karena banyak sumber yang ambigu. Lebih tepatnya banyak sekali tulisan yang berisikan muatan negatif. Misalkan : Susahnya Kuliah di Teknik Kimia, padahal kamu sendiri pengen masuk teknik kimia. Kan jadi galau ya. Hehe

Kalau kamu pengen cepat dapat kemantapan memilih jurusan, tanya ke kakak kelas sebanyak-banyaknya. Mereka pasti bakal sharing ke kalian karena pengalamanku juga pas udah jadi mahasiswa itu rasanya pengen menumpahkan segala rasa yang ada di dada ke adik-adik SMA. Haha Biar nantinya adik kelas mendapatkan nasihat dan saran supaya sukses di jurusan yang dipilihnya.

Kakak kelas juga bisa mengetahui jurusan favorit yang ada di kampusnya, prospek kerja, masa depan karir, dan semua seluk beluk dunia perkuliahan. Jadi kalau ada kakak kelas yang sosialisasi ke sekolahan, minta aja nomor hape atau medsosnya, tanya deh sepuasnya jangan malu deh nanti sesat di jalan kuliah lho. Hehe

Ketiga, Jangan Lupa Berdoa. Pengalaman yang aku share tadi diatas itu membuktikan bahwa sehebat apapun kita tetap saja Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. Jadi kita harus tetap berdoa dan bertawakal kepadaNya supaya jurusan yang kita pilih menjadi jurusan yang bisa kita raih.

Itu saja tiga tips cepat ala Feriald semoga kalian nanti pas tanggal 3 Mei 2018 mendapatkan kelulusan dan mudah buat ngambil jurusan kuliahnya. Semoga tips tadi menghilangkan kegalauan kalian ya. hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: