Tips Membeli AC dengan Teliti ala Feriald

Tinggal di daerah tropis mengharuskan kita mempunyai pendingin ruangan. Baik itu kipas angin ataupun air conditioner. Apalagi buat yang rumahnya ada di planet (rd : Bekasi) kayaknya wajib banget deh. 

Karena kebetulan aku tinggal di Bekasi, jadi kalau gak punya pendingin ruangan itu bener-bener nyiksa banget. Pagi gerah, siang gerah, malam gerah, gak ada dinginnya Bekasi mah. Jadi kalau ada hujan tuh sangat bersyukur, serasa penyejuk alami. Hehe

Karena kemarin anakku yang masih bayi kena biang keringat dan banyak bintik-bintik bernanah gitu, aku coba mengusahakan membeli AC meskipun gak tahu uangnya dari mana. Hehe Hanya berikhtiar dan berdoa kepada Allah.

Bulan kemarin aku mengikuti lomba writing competition yang diadakan oleh instansi syari’ah. Lombanya cukup menantang karena aku diharuskan membuat tiga tulisan dengan tema yang sama. Bener-bener menguras materi, apalagi materinya belum terlalu dikuasai.

Alhamdulillah aku menjadi salah satu juaranya dan hadiahnya mau aku belikan AC sebagai nadzarku jika menang lomba. Nah, kali ini aku coba share pengalaman memilih AC biar efektif.

Buat temen-temen yang mau nyari AC perhatikan beberapa hal berikut ini :

Berapa Dayanya?

Setiap rumah mempunyai daya masing-masing, mulai dari 900 watt sampai ribuan watt. Nah buat kalian yang rumahnya 900 watt, aku saranin mendingan beli AC yang 0,5 pk. Kenapa karena AC 0,5 pk hanya memakan daya sekitar 300-400 watt. Sedangkan AC 1 pk memakan daya sekitar 750-800 watt. 

Berapa Energinya?

Satuan energi pendingin itu Btu/h. Kalau kalian sudah menemukan AC yang minim dayanya, maka perhatikan energi yang dikeluarkannya. Jika nilai energinya lebih besar maka kualitas pendinginnya lebih baik. Buat AC 0,5 pk rata-rata mempunyai nilai energi sekitar 5000-5200 Btu/h. Jadi cari energinya lebih besar.

Berapa harganya?

Nah ini hal yang paling sensitif kayaknya. Hehe Kalau bicara harga, yang pasti carilah yang paling murah. Tapi harga murah jangan pengen spek bagus ya. Hehe oh iya, merek juga berpengaruh lho. Merek paling bagus itu daikin, lalu LG, dan standar AC lainnya yaitu Panasonic, Sharp, dan Polytron. Dan paling murah itu merek AQUA (made in china)

That’s all about my review. Bukan endorse lho. Tapi kalo mau dibranding ACnya, boleh deh sama aku. Hehe

Semoga bermanfaat ya. Let’s hunting!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: