245 views

Review Laptop “Super Kencang” ASUS TUF Gaming A15 FX506 #BeneranCepat

Assalamu’alaikum brother!

Hari ini aku seneng banget dapat kabar gembira dari ASUS. Setelah ASUS ngeluarin laptop gaming kelas nomor wahid, kali ini ASUS Indonesia udah launching ASUS TUF Gaming A15 FX506 dengan prosesor 7 nanometer keluaran terbaru AMD yaitu AMD Ryzen 4000 Series Mobile Processor.

Selain harganya yang terjangkau untuk sekelas laptop gaming, TUF Gaming A15 FX506 ini memiliki performa yang super kencang. Kenapa bisa #BeneranCepat? Soalnya laptop gaming “kelas dua” dari ASUS ini hadir dengan prosesor AMD Ryzen hingga Ryzen 9 yang memiliki 8 cores dan 16 threads.

By the way, Nilai core dan thread dari sebuah laptop nunjukin kecepatan render laptop kita lho. Dengan core dan thread sebanyak itu sih udah amazing banget. Apalagi buat grafisnya, tersedia pilhannya yaitu GeForce GTX 1660Ti sampai RTX 2060 yang bertenaga.

Performa yang keren dari TUF Gaming A15 FX506 ini digadang-gadang bakal jadi primadona baru buat gamer yang pengen laptop super kencang, elegan, dan pastinya terjangkau.

Gak cukup dari prosesor aja ya guys, ASUS bener-bener memanjakan para gamer lho. Layar IPS level dengan refresh rate 144 Hz bikin kalian makin gamer banget! Refresh rate segitu bisa ngedukung adaptive sync buat ngereduksi lag, minimalisir stuttering, dan ngilangin visual tearing yang ngeganggu pas kalian lagi main game.

Lanjut nih ke bagian body laptopnya

Chassis dari TUF Gaming A15 ini lebih kecil dan portabel. Berat laptop gaming ini cuma 2,3 kg dan diperkuat baterai yang kapasitasnya sampe 48Wh untuk masa aktifnya lebih panjang.

Yang gak kalah gokil dari laptop ini adalah pilihan warnanya yang kelas banget. Fortress Gray dan Bonfire Black membuat kita galau milih-milihnya. Juga kombinasi hardware efisien dari AMD dan NVIDIA di dalam laptop ini sanggup ngebuat masa aktif yang lebih panjang buat web browsing dan video streaming.

Gak sah nih kalau gak ngebahas bagian keyboard laptop gaming ini. Full-sized desktop design keyboard dipilih biar eye catching dan membuat para gamer lebih leluasa gaming. Layout keyboardnya pun cocok gak terlalu padat. Selain itu juga pada bagian huruf “WASD” dibedai biar terkesan estetik.

Tombol panah yang ada di keyboard dibuat sedikit terpisah biar gamer lebih nyaman. Tombol spasi jadi lebih lebar supaya penggunanya lebih mudah ngejangkaunya. Selain itu juga numeric pad yang lengkap ditempatin di sebelah kanan buat nginput angkanya lebih cepat. Memang #BeneranCepat ya. Hehe

Sampai sini aja aku udah ngiler banget nih. Sebagai blogger, laptop yang kayak gini nih ngebuat suasana hati lebih adem. Haha Ya iyalah biasa hidup berdampingan dengan deadline gitu bro! Hehe

Gak asik kan kalau perangkat kita gak support sama kerjaan. Udah mah kerjanya sistem kebut semalam eh taunya laptopnya tiba-tiba “not responding”.

Terus kalau pas lagi bete dan mau ngegame. Alih-alih buat ngilangin stress kerjaan malah makin stress pas laptopnya ngehang. Haha Tambah stress bukan?

Yo kita balik lagi ngereview ASUS TUF Gaming lagi!

Konektivitas dan Upgrading yang Mumpuni

Kalau ngomongin konektivitas, bisa dibilang laptop gaming ini udah lebih dari cukup lho. Di bagian kanan laptop ada port USB 2.0 dan juga port HDMI 2.0b yang fungsinya buat memasang proyektor, monitor tambahan atau juga TV layar lebar.

Kalau bagian kirinya lebih lengkap, disediain dua buah port USB 3.2 Type-A dan satu buah port USB 3.2 Type-C. Kalau mau ngehubungin laptop dengan monitor, bisa kita gunain port USB 3.2 Type C tersebut yang ngedukung monitor G-Sync lewat fitur dukungan DisplayPort 1.4.

Port USB 3.2 Type-A ini ngedukung banget pas kita lagi butuh transfer data yang lebih tinggi. Ditambah satu lagi port USB 2.0 Type A yang makin ngebuat kecepatan ngirim data makin keren abis.

Fitur Bluetooth terseda di laptop ini supaya penggunanya gak dibikin ribet sama dunia perkabelan. Mouse, headphone, dan perangkat kompatibelnya ngebuat si pengguna makin nyaman dan pastinya meja kerja gak jadi berantakan.

Kalau masalah konektivitas, kita bisa manfaatin Wifi 802.11ac (2×2) buat koneksi jaringan yang cepat.

Menurutku sih laptop ASUS ini serba bisa lho. Bukan cuma gamer aja tapi bisa juga buat bekerja, ya macam blogger kayak aku lah. Hehe Soalnya desain laptop super kenceng ini simpel tapi tetep punya durabilitas tinggi dan daya tahan yang kuat.

Ditambah lagi kombinasi CPU dan GPU yang mutakhir ngebuat laptop ini udah bisa ikutan American Got Talent lho. Kok bisa? Soalya multitalent, bro. *Jiaahhh Hehe

CrystalDiskMark adalah software yang digunakan untuk mengetes performa harddisk atau SSD dalam hal kecepatan baca dan tulis (sumber : ASUS dan download.id)

Oya hampir lupa, laptop ini memiliki Teknologi DTS:X Ultra yang sudah tersedia menghadirkan high-fidelity 7.1 channel virtual surround sound untuk audio yang hebat. Semua upgradean ini supaya ngasih pengalaman yang luar biasa buat penggunanya.

Gimana kalau upgradingnya? Tenag aja, sob. ASUS ini nyediain juga kemudahan upgradenya. Siapin obeng kembang biasa aja. Hah?!! Maksudnya gimana?

Yes, kita lihat dulu bagian bawah laptopnya dengan obeng kembang lalu disana kita bisa liat slot memori, storage SSD dan juga dua buah port SSD tambahan. Kita bisa nambahin kapasitas RAM serta storage buat ningkatin kemampuan laptop gaming supaya tetap berjodoh denganmu dalam beberapa tahun ke depan.

ASUS TUF Gaming A15 ini masih menawarkan mode gaming yang sama kayak seri laptop gaming lainnya. Mode Windows, Mode Performance, dan Mode Turbo sesuai selera gamer dalam menciptakan suasana yang asiknya.

Berikut ini performa yang didapat ketika lagi menjalankan aplikasi game 3D dengan mode operasi yang berbeda:

ASUS sendiri udah nyediain storage berbasis SSD hingga kapasitas 1 TB lho! So, ga usah khawatir lola (loading lama). Slot tambahan juga ada buat memasang storage SSD lainnya di dalam.

Desain dan Ketahanan Military Grade

Ini nih bagian paling aku suka, yaitu desain laptop. Gak tahu kenapa kalau masalah desain ini bikin aku makin percaya diri dan ningkatin semangat buat kerjanya. Yuk, kita kenalan sama desain ASUS TUF Gaming A15 FX506.

Pertama, ada dua pilihan warna elegan sesuai selera penggunanya. Kita bisa milih Fortress Gray chassis yang misterius dan tangguh atau Bonfire Black yang mencolok banget dengan aksen crimson stripenya.

Di bagian belakang layar laptop ada logo “TUF” yang dibikin berbentuk seperti sayap gitu tapi sedikit mirip hammer gitu lah. Tapi overall logo ini bener-bener cool lah. Cocok banget buat gamer yang nunjukkin kesan berkelas.

Sedangkan bagian bawah laptop ada pola sarang lebah atau honeycomb yang makin ngebuat estetis dan nambah daya cengkram pada permukaan. Ini makin selaras sama pola hexagon di sekeliling chassis.

Di sekitar area palm rest ada guratan garis yang makin ngebuat laptop ini tampak ramping dan bersih. Tombol powernya pun dibikin bentuk hexagon. Apakah hexagon itu identik dengan gamer? Aku sih gak tahu tapi kesannya makin gagah aja menurutku sih.

Selain desain yang unik, laptop gaming ini udah bisa dikatakan layak dan kuat dari segi ketahanan. Uji standar MIL-STD-810H udah dilakuin mulai dari uji jatuh, guncangan, kelembaban, sampai uji temperatur yang ekstrim buat mastiin kehandalannya.

So, kalau gak sengaja kebentur atau jatuh jangan khawatir ya guys. Tapi jangan juga dibikin jatuh beneran ya, sayang laptop donks. Hehe

Performa Terbaik di Kelasnya

Skor CPU dan Single Corenya dapetnya masing-masing 4290 pts dan 474 pts. Ini performa laptop gaming yang sudah tinggi banget. (sumber : ASUS)

Nah kalau ini beberapa catatan performa pas lagi main game

Laptop ASUS TUF Gaming A15 FX506 ini punya sistem pendinginan yang komprehensif lho. Rangkaian heatpipe dan tiga buah heatsink pada laptop ini berfungsi menarik panas jauh-jauh dari komponen utama dan ngelepasnya secara cepat terutama pada kondisi gaming yang intens. Tiga buah heatsink juga ngejaga performa laptop terjaga dan masih bisa diandalkan.

Fitur self cleaning pada kipas bisa membuat laptop ini awet dan bisa digunain buat jangka panjang. Selain itu, ada dua buah anti-dust channel yang tersedia di ujung kipas yang fungsinya menangkap debu dan partikel yang masuk sehingga bisa langung diarahin ke luar chassis. Penumpukan kotoran pun bisa dicegah supaya performa laptop gaming ini tetap bagus lho.

Performa super kencang laptop ASUS TUF Gaming FX506 ini karena adanya prosesor generasi terbaru yang udah tadi aku ulas dari awal. Yes, AMD Ryzen 4000 Series Mobile Processors ini makin gokil didukung komputasi grafis dari NVIDIA Turing GPU ditambah layar dengan refresh rate 144Hz ngebuat performanya makin mantap.

Guys, katanya laptop ASUS TUF Gaming ini adalah laptop pertama di dunia lho yang ngeadopsi NVIDIA GeForce GTX 1650Ti terbaru. Keren, kan? GPU kelas entry ini lebih kencang dari GTX 1050 dan 1650 dan jadi pilihan tepat banget buat para gamer yang pengen punya grafis yang mumpuni tapi tetap harganya gak terlalu menguras kantong.

Kalau kalian butuh performa yang lebih okay, ada juga pilihan yang bisa gunain yaitu prosesor grafis NVIDIA GeForce RTX2060 dengan 6GB GDDR6 VRAM.

Lebih lengkapnya, ini nih spesifikasi salah satu model ASUS TUF Gaming A15 FX506VI dan performa yang ditawarin :

Main Spec.TUF Gaming A15 FX506
CPUAMD Ryzen™ 7-4800H Processor Octa Core (12M Cache, up to 4.2GHz)
Operating SystemWindows 10 64-bit
Memory8GB DDR4 3200MHz RAM
Storage512GB M.2 NVMe PCIe SSD
Display15,6” (16:9) IPS-level FHD (1920×1080), 144Hz 3ms, Adaptive Sync
GraphicsNVIDIA® GeForce® RTX 2060 6GB GDDR6 VRAM
Input/Output2 x USB 3.2 Type-A (Gen1), 1 x USB 3.2 Type-C (Gen2) with display support DP1.4, 1 x USB 2.0 Type-A, 1 x Combo Audio Jack, 1 x HDMI, 1 x Ethernet port
CameraHD 720p CMOS module camera
ConnectivityWi-Fi 5(802.11ac) 2×2 + Bluetooth 5.0
AudioDTS:X® Ultra
Battery48 Wh lithium-polymer battery Battery
Dimension359.8 x 256 x 22.8 ~24.7 mm (WxDxH)
Weight2,3Kg
ColorsFortress Gray

Gimana guys? Pengen banget kan laptop ASUS TUF Gaming ini? Yuk, aku anter deh belinya. Tapi jangan lupa beliin buatku ya. Hehe becanda

So guys, laptop ini sudah elegan dengan performa yang luar biasa. Buat kalian yang masih bingung milih-milih laptop buat kerja atau gaming, ASUS TUF Gaming A15 FX506 ini pilihan tepat buat kalian.

Akhirnya udah selesai juga nih reviewnya. Thanks ya udah baca tulisanku ini. Makasih juga udah setia baca sampai akhir. Kamu tipikal orang setia berarti. Hehe

Semoga bermanfaat ya tulisannya.

“Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba ASUS TUF Gaming A15 Writing Competition”

2 thoughts on “Review Laptop “Super Kencang” ASUS TUF Gaming A15 FX506 #BeneranCepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *