Pengalaman Pertama ke Taman Botani Sukorambi di Jember Jawa Timur

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Teman-teman pembaca feriald.id, kali ini saya akan sharing tentang pengalaman pertama ke Taman Botani Sukorambi di Jember, Jawa Timur. Saya memesan tiket untuk keberangkatan tanggal 15 Juli 2018 dari Cengkareng menuju Juanda. Karena modal kita pas-pasan jadinya saya, istri, beserta anak saya menggunakan pesawat kelas ekonomi.

Packing baju, obat-obatan pribadi, dompet, hape, chargeran, sampai dengan keperluan bayi pun kami siapkan sedetail mungkin. Maklum lah anak saya masih kecil, baru enam bulan. Popok itu wajib! Hehe

Kami berangkat menuju stasiun Bekasi. Lho kenapa ke Stasiun? Iya, sekarang ada moda transportasi terbaru dan promo dari PT KAI yang melayani dari Stasiun Bekasi menuju Bandara Soekarno Hatta. Karena sedang promo, harganya pun cukup lumayan yaitu Rp 70.000,- biasanya harga normal Rp 100.000,-.

Harga segitu mah sebanding sama harga macetnya kota Jakarta. Kalau mau naik DAMRI Bandara yang low budget bisa aja sih, tapi siap-siap aja kejebak macet. Hehe

Pertama kali naik Pesawat (Pict by Ferry)

Berangkat pukul sepuluh pagi dan sampai di Cengkareng sekitar pukul sebelasan, kami gunakan waktu yang ada untuk check in terlebih dahulu. Ini kali pertama kami berangkat bareng pakai pesawat. Kami merogoh kocek sebesar Rp 1.253.800,- dan kami berangkat sekitar pukul 11.20

It must be amazing story! Hehe

Wahana di Taman Botani Sukorambi (www.tamansukorambi.com)

Sekitar satu jam setengah kami pun tiba di kota Surabaya. Ini pertama kalinya saya ke Surabaya ternyata Surabaya puanaass rek! (sok-sokan pakai bahasa jawa. Haha) Saya sampai di Bandara Juanda sekitar pukul 12.50 dan langsung melaksanakan sholat jamak qashar dzuhur dan ashar di musholla Bandara. Karena travel yang saya pesan dari Bandara ke Jember itu berangkat pukul empat sore, maka kami memutuskan untuk silaturahmi ke temen saya yang berada di Sidoarjo terlebih dahulu.

“Lha mas kok ngedadak datang ke rumah kami” terkaget teman saya dengan kedatangan kami

“Hehe iya biar surprise!” jawab saya dengan santai

“Mau ngapain ke Surabaya, Mas?” tanyanya

“Mau ikutan lomba blog dari Blogger Jember” saya keceplosan

“Hah? Maksudnya?” tanyanya heran

“Eh mau berlibur aja Mas soalnya udah pening di Jakarta.” Saya coba klarifikasi. Hehe

Setelah berbincang-bincang lama sambil ngopi dan ngemil pisang gorengan, kami pun kembali ke Juanda dan menunggu travel yang akan menjemput kami. Setelah menunggu setengah jam, saya naik dan disana ternyata sudah banyak wisatawan yang menggunakan travel menuju kota Jember. Bener-bener Jember Makin Rame!

Saya semakin penasaran apa sih istimewanya Destinasi Wisata Jember ini. Menurut temen saya Joe Candra yang pernah kesana katanya keren banget. Apalagi instastorynya ketika mengunjungi Taman Botani Sukorambi yang menjadi tujuan utama kami sekeluarga.

Sesampainya kami di kota Jember, saya langsung menuju penginapan. Jaraknya tidak jauh dari Taman Botani Sukorambi, itulah alasan kami memilih penginapan tersebut. Bukan promosi lho tapi saya memang mencari jarak terdekat biar gak terlau habis budgetnya. Hehe

Kami pun beristirahat malamnya. Alhamdulillah putri kami gak rewel selama perjalanan cuma pas pengen nenen aja jadi gak terlalu riweuh. Bersyukur sekali lelah kami pun terbayar dengan empuknya kasur hotel dan shower yang ada di kamar mandi membuat otot-otot punggung menjadi lurus kembali. Haha lebay

Besoknya kami bersiap kembali menuju destinasi utama kami di kota Jember. Here we come, Taman Botani Sukorambi! Yeah saya sudah gak sabar ke sana dan mengenalkan kepada anak saya tentang wisata Taman Botani Sukorambi. Wahana yang saya kunjungi antara lain :

RUMAH POHON

Source : www.tamanbotanisukorambi.com

Era digital seperti sekarang ini tidak lengkap rasanya jika tidak berselfie ria. Alasan memilih sarana rekreasi Rumah Pohon ini adalah untuk lokasi selfie. Hehe Selain itu juga dari ketinggian 5 meter dari permukaan tanah, saya bisa melihat pemandangan yang indah Taman Botani Sukorambi.

Karena ukurannya yang kecil, 2×2 meter, Rumah Pohon ini maksimal dinaiki oleh enam orang. Kenangan di Taman Wisata Sukorambi tidak lengkap jika belum selfie di Rumah Pohon, guys! Hehe

KOLAM RENANG KHUSUS MUSLIMAH

Source : www.tamansukorambi.com

Sangat jarang ditemui kolam renang khusus muslimah. Nah mungpung ada di Taman Botani Sukorambi, istri menyempatkan diri untuk berenang di wahana tersebut. Tiket yang dikenakan pun tidak mahal cukup Rp 10.000 para muslimah bisa mendapatkan privasinya untuk berenang sepuasnya.

Karena membawa anak jadinya tidak terlalu lama berenang. Hehe meskipun tidak lama berenang tetapi sensasinya tidak akan dilupakan.

PONDOK BACA

Source : www.tamansukorambi.com

Saya harus mengenalkan literasi kepada anak sedari dia masih bayi. Tujuannya supaya mencintai buku dan gemar membaca. Pondok Baca menyediakan banyak banget koleksi bacaan. Diantaranya buku agama, ilmu pengetahuan, tanaman, dan buku lainnya.

Enak banget suasananya nyaman dan hening. Cocok banget buat pembaca yang ingin fokus. Adanya dua ruangan (lantai dasar dan atas) membuat pembaca semakin senang membaca buku.

BUNNY AND FRIENDS VILLAGE

Source : www.tamansukorambi.com

Inilah destinasi terakhir yang saya kunjungi. Bermain dengan kelinci sambil edukasi tentang fauna yang lucu ini. Harapannya anak saya bisa mulai berkenalan dengan satwa kemudian menyayanginya karena sama-sama makhluk ciptaan Allah.

Disana juga banyak spot-spot foto menarik. Payung warna warni menjadi khas Wisata Taman Botani Sukorambi ini.

It’s Time!

Empuknya Kasur (Pict by Ferry)

Alhamdulillah seharian lelah dan saatnya kembali ke penginapan. Tas jinjing saya letakkan dekat kasur. Anak saya sudah terlelap dalam gendongan ibunya. Ambil handuk menuju kamar mandi. Guyuran air mulai menghilangkan rasa lelah ini. Benar-benar pengalaman yang tidak bisa dilupakan.

Segera saya jatuhkan badan ini ke kasur. Tidak lama selang beberapa menit tertidur saya langsung terbangun mendengar suara tangisan anak. Saya pun kaget melihat suasana di sekitar penginapan mirip sekali dengan rumah saya.

Dan ternyata perjalanan menyenangkan ke Taman Botani Sukorambi hanyalah mimpi saya. Hehe

Maaf ya bagi pembaca yang sudah serius mendengar cerita fiksi saya. Karena saya penyuka buku fiksi dan coba saya tuangkan dalam cerita perjalanan saya ke Wisata Edukasi yang berada di kota Jember tersebut.

Semata-mata tulisan diatas adalah rencana saya jika berkunjung ke Taman Botani Sukorambi bersama keluarga. Keinginan saya untuk mengikuti lomba blog tetapi belum ada pengalaman kemudian bertanya ke admin blogger jember dan alhamdulillah direspon baik sehingga lahirlah cerita fiksi ini. Hehe

Sekian

Terima kasih sudah membaca sampai akhir

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Taman Botani Sukorambi dan Blogger Jember Sueger #2

4 thoughts on “Pengalaman Pertama ke Taman Botani Sukorambi di Jember Jawa Timur

• 21/07/2018 at 1:52 PM

Aamiin Makasih mas

• 22/07/2018 at 11:58 PM
    Permalink

wkwkkw ane serius banget bacanya a, keren smg bs sampei beneran ke jember a dan mampir ke temannya di sidoarjo hehehe

• 23/07/2018 at 7:11 AM
      Permalink

Hehehe semoga bisa kesampean beneran kesana 🙂