Merajut Kebersamaan dalam Nuansa Ramadhan [2nd Anniversary Blogger Jakarta]

Special Moment

Bulan Ramadhan ini saya sudah membuat agenda khusus dengan keluarga. Kehadiran buah hati menjadi alasan buatku untuk cancel semua event buka bersama di luar rumah. Ya, saya inginkan momen kehangatan bersama keluarga tercinta di bulan yang penuh berkah ini.

Tetapi ada satu-satunya agenda buka bersama yang saya rencanakan jauh-jauh hari. Saya ingin terlibat didalamnya. Agenda itu adalah Buka Bersama Blogger Jakarta bertajuk Dua Tahun Merajut Kebersamaan.

Tahun 2017 lalu saya tidak bisa ikut karena istri lagi hamil muda dan perlu penjagaan khusus. Hehe Jadi saya harus memprioritaskan istri dulu. Tahun 2018 ini sudah diazamkan untuk terlibat meskipun sebagai penggembira. Hehe

Berangkat jam 14.00 dari Stasiun Bekasi dan Alhamdulillah tidak terlalu banyak penumpangnya. You know lah gimana penumpang Bekasi. Bejubel banget, lur!

Sekitar setengah jam saya sampai di Stasiun Buaran, saya sempatkan dulu bikin caption instagram bertemakan “Keep Solid”. Sebagai apresiasi buat keluarga tercinta dan juga sambil nunggu beberapa menit untuk order gojek juga.

A Memorable Place

Lokasi acara berada di SD IT Ibnu Sina Duren Sawit. Tidak sampai lima belas menit, saya sudah sampai disana dan bertemu para panitia tangguh Blogger Jakarta. Ada juga blogger yang baru gabung Mas Agung asli orang banten.

Teman-teman dari Blogger Jakarta mulai berdatangan. Ada yang memakai gojek, bawa motor sendiri, tapi kayaknya gak ada yang jalan kaki deh. Hehe

Kami sholat ashar berjama’ah di Musholla SD IT Ibnu Sina. Disana juga acaranya dimulai. Event Blogger Jakarta ini disponsori oleh C2Live dan  Lazisna. Blogger Crony dan Blogger Mungil sebagai tamu undangan juga hadir memeriahkan acara.

Sebagai MC, Mas Risky Saputra dengan wajah “agak” barunya membuka acara. Tampak sulit juga mengondisikan anak-anak yang super aktif ini. Tagline Dari Blogger Oleh Blogger Untuk Jakarta pun tidak mempan menenangkan anak-anak yang heboh. Hehe

Mas Oji, Founder Tinulis.ID membacakan ayat suci Al Quran untuk lebih memberikan keberkahan terselenggaranya acara syukuran ini. Kemudian disambung Ibu Purwanti sebagai  perwakilan dari Lazisna memberikan sambutan dan juga sosialisasi tentang Lazisna. By the way, Ibu ini pawangnya anak-anak. Yang tadinya heboh langsung rapi lho dipimpin Ibu Purwanti. MC aja kalah. Peace Mas Riski 🙂

Bu Purwanti sempat terbesit ide untuk kolaborasi antara Blogger Jakarta dengan adik-adik SMP dan SMA Ibnu Sina. Beliau mengharapkan adanya edukasi dari Blogger Jakarta karena bisa jadi nanti bergabung dengan komunitas yang baru berdiri dua tahun lalu ini.

Selanjutnya ada wejangan dari senior saya, Mas Joko, yang ubannya udah hampir balapan dengan saya. Mungkin pembeda dengan yang belum keluarga kali ya, Mas. Sentilan saya ke Mas Joko sambil nunjuk Mas Robit Sang Penganten baru yang mungkin menyusul ada ubannya. Hehe

Mas Joko sebagai Duta Damai Indonesia sekaligus perwakilan Blogger Jakarta memberikan sambutan yang cukup singkat dan juga menyampaikan terima kasih atas kehadiran blogger undangan, Blogger Crony dan Blogger Mungil.

Mbak Kiki sebagai perwakilan dari Blogger Mungil, biasa disebut Blomil juga memberikan sambutan. Blogger Mungil juga sering mengadakan sosial yang rutin diadakan tiap hari jumat untuk terjun langsung ke lapangan mencari pemulung untuk diberikan makanan. Secara simbolis bingkisan dari Mbak Kiki diberikan kepada Mas Angga sebagai perwakilan dari Blogger Jakarta.

Setiap hari jumat kita langsung turun ke jalan untuk membagikan ke pemulung

Selanjutnya ada Mbak Wawa Fajri dari Blogger Crony menyampaikan sambutan dan juga harapannya ingin berkolaborasi dengan Blogger Jakarta. Beliau mengungkapkan bahwa yang penting itu proses jangan berpikir dulu hasil bagus. Semoga acara yang diadakan Blogger Jakarta ini bisa membawa berkah dan terwujud mimpi dari Bu Purwanti. Bingkisan buku pendidikan pun diberikan kepada Mas Robit sebagai Ketua Blogger Jakarta.

Jangan berpikir hasil tetapi yang penting proses terlebih dahulu

Best Moment

Sekitar pukul 16.40 WIB tiba saatnya ceramah dari Ustadz Muhammad Khalid yang berasal dari As Syafi’iyah Jatiwaringin. Penyampaiannya yang interaktif membuat suasana tidak kaku dan tidak mengantuk. Hehe Komunikasi dengan audiens pun terjalin sehingga kita bisa larut dalam siraman rohani yang berlangsung selama 25 menit.

Ustadz Khalid menyampaikan ayat suci Al Quran Surat Fusilat ayat 30 yang artinya :

“Sesungguhnya orang-orang yang berkata ‘Tuhan Kami adalah Allah’ , kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka maka malaikat-malaikat akan turun kepada mereka (dengan berkata) : ‘Janganlah kamu merasa taku, dan janganlah kamu bersedih hati, dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan kepadamu.”

Ada juga hadits Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wasallam tentang empat golongan yang dinaungi di hari kiamat. Pertama adalah orang yang rajin membaca Al Quran. Kedua orang yang pandai menjaga lisan. Ketiga orang yang memberikan makan untuk orang yang lapar. Keempat adalah orang yang berpuasa di bulan Ramadhan.

Dua puluh menit menjelang Maghrib diadakan games komunikata yang dipandu oleh Mas Jarot. Meskipun penjelasannya kurang jelas (please loudly, Mas) tapi beruntung ada Mas Iman memberi tahu kepada saya tentang mekanisme games tersebut. Alhamdulillah kita gak jadi menang. Lha wong kata-katanya sulit semua. Haha

Adzan Maghrib pun berkumandang. Alhamdulillah kami bersama anak-anak bisa takjil bareng, makan bareng, dan sholat Maghrib berjama’ah. Acara pun ditutup dengan foto bersama dan akhirnya selesai juga acara syukuran ini. Saya sangat apresiasi ke teman-teman pengurus atas kerja kerasnya sehingga bisa terlaksana acara yang sangat luar biasa.

Closing Moment

Pada acara internal, Mas Robit mengumumkan pemenang instagram competition lalu memberikan panggung stand up comedy nya ke Founder Blogger Jakarta, Mas Halfi dan Ex Ketua Blogger Jakarta, Mas Ichsan. Tentunya kedua orang tersebut bukan ngelawak ya. Hehe Tapi memberikan energi semangat berkarya dan pembeda dengan komunitas blogger lainnya.

Semoga Blogger Jakarta semakin besar dan bermanfaat untuk semua orang. Blogger Jakarta semoga menjadi prototype komunitas Penyebar Konten Positif dan selalu konsisten berkarya untuk Indonesia. Merajut kebersamaan Menenun Kebermanfaatan dalam Nuansa Karya Anak Bangsa.

Dari Blogger-Oleh Blogger-Untuk Jakarta!

*Salam dari Stasiun Buaran-Bekasi dan Mamang Gojek

14 thoughts on “Merajut Kebersamaan dalam Nuansa Ramadhan [2nd Anniversary Blogger Jakarta]

    • 04/06/2018 at 6:29 AM
      Permalink

      Hehe peace Mas. 🙂

      Reply
    • 04/06/2018 at 12:53 PM
      Permalink

      Hahaha siapp.. Wkwk

      Reply
  • 04/06/2018 at 9:51 AM
    Permalink

    Wkwkw sebentar lagi bikin barisan bapak-bapak ya bang. Coming soon, barisan jenggotan 😀

    Reply
    • 04/06/2018 at 12:54 PM
      Permalink

      Aamiin ditunggu Mas 🙂

      Reply
  • 05/06/2018 at 1:02 AM
    Permalink

    Senang banget deh ikutan acara kemarin. Semoga selalu diberkahi dan memberi manfaat positif untuk siapa saja dari Blogger Jakarta

    Reply
    • 05/06/2018 at 4:35 PM
      Permalink

      Aamiin Ya Rabb

      Reply
    • 08/06/2018 at 6:25 AM
      Permalink

      Alhamdulillah Mas. maen-maen lah kesini 😀

      Reply
    • 08/06/2018 at 6:25 AM
      Permalink

      betul pak. ditunggu anak istri soalnya 😀

      Reply
    • 13/06/2018 at 9:45 PM
      Permalink

      Alhamdulillah..

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: