Sekitar bulan November 2018, saya diberitahu oleh kakak ipar untuk membantu bisnisnya di bidang konveksi. Waktu itu kebetulan ada proyek Kampanye Hari AIDS Sedunia yang akan diadakan oleh Pemuda Indramayu. Saya pun langsung bergegas mempersiapkan jauh-jauh hari untuk membuat beberapa pesanan klien, seperti kaos, gelang, tumbler, payung, dan pulpen.

Tentunya semua pesanan kaos dan merchandise harus berlabel HARI AIDS SEDUNIA. Karena sangat banyak orderannya yang mencapai lebih dari 1500 pcs maka saya diminta untuk menghandle bagian merchandise. Pesanan kaos yang menumpuk membuatnya kewalahan sehingga tidak bisa menangani merchandise.

Saya sangat senang bisa bekerja sama dalam proyek ini. Hebatnya lagi adalah ini pengalaman pertama saya untuk berbisnis dengan skala besar. Biasanya saya berjualan buku satuan tetapi sekarang saya harus menjual barang yang ratusan. Ini akan semakin seru dalam benak saya.

Saya harus mencari toko grosiran yang berada di luar kota. Saya harus berangkat dari Bekasi ke Bandung untuk mencari bahan. Kenapa harus susah ke Bandung kan bisa hubungi lihat di medsos? Masalahnya grosiran tersebut tidak punya toko online sehingga saya harus merogoh kocek ke Bandung.

Padahal sekarang zamannya digital jadi harusnya tidak usah capek mengandalkan fisik. Bermodalkan gadget atau PC pun bisa membangun usaha lebih mudah di era digital saat ini.

Merchandise yang saya cari adalah payung, gelang, dan tumbler. Alhamdulillah bisa deal harga dan tinggal menunggu waktu pengerjaan. Karena acara peringatan Hari AIDS SEDUNIA tinggal satu minggu lagi, pengerjaan pun dipercepat. Benar-benar kerja ekstra waktu itu.

Ketika mencari bahan grosiran tanpa bantuan teknologi, maka yang saya rasakan adalah fisik terkuras. Meskipun merchandise bisa dikirim ke klien tetapi kerja offline itu luar biasa. Pikiran resah mengejar deadline, badan menjadi lelah, dan waktu pun habis di jalan.

Berangkat darisanalah saya mulai berpikir bagaimana bisa membuka peluang usaha merchandise di tahun 2019 ini. Mulai dari membeli dengan harga grosir dan menjualnya secara online. Beruntungnya saya mengenal Ralali.com di awal tahun 2019. Saya pun segera mempelajar Ralali.com secara cermat.

Ralali.com merupakan perusahaan e-commerce yang menyediakan layanan B2B marketplace dengan berbagai produk kebutuhan bisnis antara pemasok dan pelaku bisnis. Karena bersifat B2B (business to business) maka pada umumnya harga yang dijual dari produk-produk di Ralali.com adalah grosir. Kenapa grosir? Tentu untuk dijual kembali dan mendapatkan keuntungan untuk kedua belah pihak.

Bermula dari menjual produk machinery & Industrial Parts, kini Ralali.com menjual berbagai produk seperti Food & Beverage, Automotive & Transportation, Computer & Communication, Building Materials, Beauty Sport Fashion, Electronic, Furniture & Decorations, Health & Medical, Hotel, Restaurant & Café, Office & Store Supplies, dan Services.

Perlu diketahui bukan hanya produk berharga grosir saja yang dijual, Ralali.com juga menyediakan jasa pemenuhan produk kebutuhan bisnis yang tidak ditemukan di Ralali.com yaitu bernama RFQ atau Request for Quotation, jasa pembayaran elektronik, dan pendanaan bisnis. Dengan slogan “business stars here” menekankan visi dari Ralali.com untuk menjadi solusi permasalahan bagi setiap orang yang memiliki keinginan membuka dan menjalankan bisnisnya.

Saya pun tertarik dan langsung segera membuat akun di Ralali.com. Simpel karena cukup menggunakan akun gmail atau facebook bisa langsung memiliki akun di Ralali. Menurut saya tampilan akun di Ralali.com friendly dan sangat jelas. Seperti pengisian data pribadi, pengaturan, dan business pattern. Dan khusus untuk business patter ini kita bisa memilih posisi kita ada di owner/employee, individu/online seller, atau do not have any business.

Selain itu juga di sebelah kiri menu profile pun kita bisa mengaktifkan Ralali wallet atau Ralali billing. Untuk sistem pembayaran Ralali.com meggunaka rekening bersama atau escrow. Jadi Ralali.com berperan sebagai pihak ketiga diantara penjual dan pembeli. Adapun bank yang sudah bekerja sama sudah banyak seperti untuk Transfer (BCA, BRI, BNI, Mandiri), Virtual Account (Mandiri, BNI, Permata, BII), Kartu Kredit (Visa, Master Card), dan Cicilan (Kredivo, Ralalicicilan), dan Pembayaran Instant (Mandiri Internet).

Kurang lengkap kalau belum saya sebutkan promo di Ralali.com. Berbagai promo tersedia di Ralali.com, diantaranya Gratis Ongkir hingga Rp 200.000,-  untuk transaksi pertama Paket Buka Usaha, Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), Promo Cuci Gudang Akhir Tahun, Promo Awal Tahun, Hari Belanja Online Ramadhan (Harboldan), voucher menarik, dan beberapa promo lainnya yang ditawarkan tiap harinya di Daily Deals.

Testimoni

Saya semakin yakin untuk membuka mimpi usaha di tahun 2019. Kenapa? Karena ada beberapa testimony dari seller yang meyakinkan kita untuk membuka bisnis bersama Ralali.com.

Penutup

Setelah mengetahui ada Ralali.com sebagai pusat grosir online, saya tidak perlu repot lagi untuk mencari barang-barang ke luar kota lagi. Barang dengan harga grosir bisa ditemukan di Ralali.com. Waktu hemat, fisik kuat, dan pikiran lebih cermat.

Jika belum mempunyai rencana usaha yang akan dilakukan di tahun 2019, sebaiknya “kepoin” Ralali.com. Kemudian cari di category yang super banyak pilihannya. Kalian akan temukan berbagai ide bisnis yang menarik. Tentunya harga grosir membuat budget beli barang tidak menjadi bengkak. Keuntungan pun bisa diraih dan Resolusi bisnis 2019 bisa terwujud.

Ralali.com bisa menjadi solusi buat kalian generasi muda untuk mewujudkan bisnis di tahun 2019. Sebagai tempat belanja grosir online maka, Ralali.com merupakan pilihan tepat untuk berbisnis. Produk yang ditawarkan menarik dan variatif. Jadi, kapan lagi? #IniSaatnya untuk membuka bisnis bersama Ralali.com.

Bersama Ralali.com membangun bisnis karena Business Start Here.

Penghargaan kepada RALALI.COM (Sumber : RALALI.COM)

Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Competition RALALI.COM

 

6 thoughts on “Membuka Peluang Bisnis di Tahun 2019 Bersama Ralali.com

  1. Sukses terus untuk bisnis merchandise-nya Mas Ferry. Semoga Ralali bisa semakin membantu sehingga tidak perlu repot-repot lagi berkunjung ke Bandung.

    Salam hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *