Masjid Roudhotul Muchlisin, Wisata Religi Ala Turki di Kota Jember

Apa yang kalian bayangkan ketika mendengar Turki? Mungkin sebagian kalian berpikir Turki terkenal dengan bangunan yang megah. Bekas peninggalan Khilafah Utsmani terlihat dari bangunan yang megah dan futuristik. Tidak terkecuali bangunan masjid yang didalamnya banyak ornamen seperti kaligrafi yang dipadu dengan warna yang cerah.

Nah, jika kalian pengen banget melihat masjid yang indah maka tidak perlu lagi ke Turki. Di Indonesia ada masjid yang mengadopsi arsitektur masjid Turki. Tahu gak guys dimana? Lokasinya berada di kota Jember, Jawa Timur. Destinasi Wisata Jember Tepatnya di jalan Gajah Mada, Kaliwates, Kota Jember. Emang ada ya wisata keren di Jember? Eitss Sekarang Jember Makin Rame lho!

Pict by Hendra Sonie

Saya coba searching kemegahan masjid Roudhotul Muchlisin. Ikon wisata religi Kota Jember tersebut memang sangat keren. MasyaAllah sebagai pecinta wisata masjid, saya ingin sekali mengajak keluarga berwisata kesana. Sebelumnya saya mengunjungi Islamic Center di Indramayu, Masjid Agung Bandung, dan Masjid Roudhotul Muchlisin mungkin menjadi wishlist saya untuk mengeskplor Destinasi Wisata Jember selanjutnya.

Pengembara Masjid di Bandung (Pict by Ferry)
Pengembara Masjid di Geger Kalong (Pict by Ferry)
Pengembara Masjid di Indramayu (Pict by Ferry)

Wisata andalan masyarakat Jember ini menyita banyak perhatian wisatawan lokal maupun luar kota. Masjid yang diresmikan sekitar pertengahan Mei 2017 tahun lalu ini mulai banyak diminati warga. Banyak yang datang untuk meramaikan masjid. Ada yang berswafoto, berkumpul bersama keluarga, namun tetap suasana ibadah dijalankan ketika adzan berkumandang.

Pict by Penyalai News

Kaligrafi surat-surat pendek berada di dinding atas Masjid. Sedangkan di lantai bawah (dinding barat) ada asmaul husna di setiap dinding dan Surat Ar-Rahman dan Al Waqiah. Ukiran kaligrafi yang indah membuat setiap orang yang melihatnya terkagum-kagum.

Tak heran ketika detikcom memberitakan data pengunjung bisa sampai membludak ketika weekend. Tak kurang dari 30 mobil dan 75 unit motor berdatangan ke halaman masjid dan tepi jalan raya. Karena lahan parkir masih lebih kecil dibanding animo masyarakat yang sangat besar.

Ada juga ternyata wisatawan non muslim yang berkunjung ke Masjid Roudhotul Muchlisin. Mereka tetap mengikuti peraturan untuk tetap berbusana rapi dan sopan untuk menghormati muslim.

Berbicara wisata religi, saya sangat antusias untuk traveling yang satu ini. Setelah menikah, saya sempat membicarakan dengan istri untuk mengagendakan Tour Masjid. Tujuannya untuk menjadi pribadi yang lebih dekat ke Masjid. Pun juga begitu ketika sudah punya anak, tempat pertama yang ingin saya kenalkan ke anak adalah Masjid.

Masjid Roudhotul Muchlisin sangat cocok untuk tempat destinasi wisata religi berikutnya untuk kami. Awalnya saya tidak menyangka di Kota Jember ini ternyata Destinasi Wisata Jember semakin banyak. Sekarang, Jember makin rame dan bisa menarik wisatawan lokal ataupun asing berdatangan ke kota ini.

Tak heran jika Masjid ini menjadi Ikon Wisata Religi Andalan di Kota Jember. Semoga masjid-masjid Indonesia menjadi semakin ramai dikunjungi untuk beribadah dan berwisata.

Sehingga masyarakat Indonesia yang notabene 80% muslim lebih bersemangat untuk ke Masjid dan juga menjadi syiar agama islam untuk rahmat seluruh alam.

Terima kasih

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Taman Botani Sukorambi dan Blogger Jember Sueger #2

One thought on “Masjid Roudhotul Muchlisin, Wisata Religi Ala Turki di Kota Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: