Lima Poin Keberhasilan Asian Games 2018

Tahu gak guys siapa yang menjadi Ketua Penyelenggara Asian Games 2018? Wah kalau belum tahu kebangetan deh. Hehe kita kan tuan rumah Asian Games 2018 jadi mesti tahu tuh siapa ketua Penyelenggaranya. Saya kasih tahu deh, namanya Erick Tohir. Kalau gak tahu beliau bener-bener kebangetan lagi deh.

Nah, pemilik klub serie A Inter Milan dan DC United itu menyebutkan bahwa Indonesia sudah siap dari segalanya. Seperti diberitakan Republika (14/04/2018) bahwa Erick Tohir menegaskan bahwa sarana dan prasarana pendukung sudah siap. Kendaraan seperti bus besar, mobil-mobil boz pengantar sudah ready!

Ada hal penting yang ingin saya sampaikan tentang Asian Games 2018. Sengaja saya membuat kolom Asian Games di blog saya untuk mendukung perhelatan akbar se-Asia tersebut. Apa hal penting itu? Yaitu tolak ukur keberhasilan Asian Games 2018.

Lima Poin Keberhasilan Asian Games

Pertama, Persepsi Positif akan kesiapan dan penyelenggaraan

Peranan penting media sangat diutamakan. Kenapa? Karena bagian medialah yang membentuk opini tentang Asian Games kepada masyarakat Asia. Sehingga seluruh jajaran media, baik itu pers ataupun blogger/vlogger/youtuber harus membangun persepsi positif dalam memberitakan kesiapan dan penyelenggaran sebelum, selama, dan setelah Asian Games berlangsung.

Kedua, Broadcast dengan kualitas siaran pertandingan yang punya standar tinggi

Poin kedua ini masih berkaitan dengan media. Pemegang hak siar harus dapat menyiarkan seluruh pertandingan dengan kualitas yang tinggi. Tidak ada penonton di televise yang dibuat kecewa sehingga menimbulkan kegaduhan publik bahkan menjadi viral di jagad digital.

Ketiga, Penyelenggaraan Opening Ceremony

Suatu kebanggan yang luar biasa jika Indonesia berhasil mempertontonkan upacara pembukaan yang megah. Segala persiapan diatur sedemikian rupa dari mulai teknis sampai dengan non teknis. Acara pembukaan yang memukau membuat jati diri bangsa menjadi naik dan citra Indonesia di mata peserta Asian Games menjadi baik.

Keempat Hospitality, Transportasi, dan Teknologi Informasi yang andal

Poin keempat ini tidak kalah pentingnya mengingat unsur keselamatan, kewaspadaan, dan kecanggihan menjadi tolak ukur keberhasilan. Jika terjadi kecelakaan sudah siap sedia penanganannya. Bus antar jemput, transportasi infrastruktur, dan mobil pengangkut atlet juga harus selalu siap. Apalagi teknologi informasi yang canggih dalam menghindari adanya sytem error atau problem informasi lainnya harus selalu diutamakan

Kelima Penyelenggaraan Closing Ceremony

Setelah berlangsung gelaran Asian Games yang dimulai pada tanggal 18 Agustus 2018 maka acara penutupan memberikan kesan terakhir dalam pesta olahraga terbesar se-Asia ini. Sama halnya dengan Opening Ceremony, agenda Closing Ceremony membuat Indonesia bernilai di mata dunia. Poin kelima ini sekaligus menutup acara Asian Games dan menentukan keberhasilan Asian Games 2018 ini.

Demikian tulisan saya tentang lima poin keberhasilan, tulisan lainnya tentang Asian Games bisa di klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: