141 views

Lima Kunci Sukses di Dunia Digital : Inspirasi Startup Unicorn Indonesia

Sekarang sudah eranya digital. Siapa saja yang tidak melek digital maka akan tertinggal. Sering saya temukan kalimat itu tetapi memang ada benarnya. Mau bisnis, sekarang ada toko online. Mau belajar, sudah ada e-learning, dan pastinya every single part of your life is going to be easy. Karena memang sesungguhnya kita sudah dimudahkan dengan adanya teknologi digital.

Hampir semua bisnis di Indonesia menyentuh ranah digital. Apa sebabnya? Karena setiap bisnis harus ada improvement, progress, dan how to reach the goal pastinya. Tidak ada bisnis yang tidak mau sukses. Dimulai dari ide, aksi, sampai dengan hasilnya. Semuanya harus berkesinambungan untuk mendapatkan kesuksesan.

Katanya sukses itu relatif. Tetapi menurut saya, sukses itu jelas definisinya. Sukses itu bisa membawa kebermanfaatan untuk banyak orang dengan sesuatu yang dia miliki. Jika dikorelasikan dengan dunia digital, maka bagaimana dunia teknologi yang canggih ini bisa berdampak positif untuk diri sendiri dan orang lain.

Sekarang mari kita pelajari kesuksesan start-up asal Indonesia yang menjelma menjadi unicorn. Label Unicorn sendiri merupakan “jerih payah” yang diberikan kepada start-up yang sudah memiliki valuasi senilai 1 miliar dollar Amerika atau setara dengan Rp 13,1 triliun lebih. Angka yang sangat fantastis untuk start-up asal Indonesia yang bisa bersaing dengan perusahaan start-up luar negeri.

Kemudian dari sanalah saya mulai mempelajari beberapa  kunci sukses dari para CEO start-up unicorn dalam meniti karirnya di dunia digital. Sehingga bagaimana kemudian mereka bisa berkembang pesat, berikut ulasannya :

Berani Memulai

Tidak ada kesuksesan tanpa keberanian memulainya. Seperti yang dialami oleh Nadiem Makarim, CEO Go-Jek yang berani memulai bisnis yang semula dianggap “biasa” tetapi ternyata sekarang menjadi luar biasa. Beliau memulai bisnis yang bisa jadi belum terpikirkan oleh orang lain.

Dari “nongkrong” dengan tukang ojek, mendengarkan keluh kesahnya, dan kemudian menjadikan inspirasi untuknya mendirikan perusahaan start-up Go-Jek. Bukan hanya berani memulai tetapi Nadiem berani turun ke bawah. Sehingga dari “blusukan” bisa mengerti apa yang diinginkan para tukang ojek dan konsumennya.

Jangan buang waktu

Senada dengan Nadiem, Achmad Zacky yang merupakan CEO dan Founder Bukalapak pernah mengatakan bahwa “Jangan buang waktu untuk menunggu inspirasi. Mulailah, dan inspirasi akan menemukanmu.”

Ketika masih banyak orang yang lalai akan waktu. Maka jadinya bukan kita yang mengatur waktu tetapi malah waktulah yang mengatur kita. Sudah saatnya kita memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk mengejar cita-cita. Entah itu bisnis, karir di perusahaan, atau yang lainnya. Jika kita menyia-nyiakan waktu, tinggal menunggu “kepunahan” kita. Terlekang oleh waktu atau tertelan oleh bumi.

Pantang Menyerah

Mungkin kunci sukses ini ditemukan di berbagai buku bisnis. Tetapi memang menjalani bisnis itu bukan perkara yang mudah. Dalam perjalanannya pasti merasakan pasang surut. Pantang menyerah adalah sikap entrepreneur yang wajib dimiliki ketika dalam kondisi terpuruk.

Tetap semangat untuk orang-orang tercinta. Demi mendapatkan kebahagiaan dan kebermanfaatan atas hasil kerja keras kita. Achmad Zacky pun memberikan wejangan kepada yang sudah punya bisnis supaya PANTANG MENYERAH. Terus berjuang cari jalan karena jalan ke depan kian menantang.

Beliau juga pernah mengatakan tentang menghadapi krisis dalam bisnis. Mindsetnya harus dirubah, krisis bukan waktunya untuk pesimis. Ia justru sering menghadirkan peluang manis. Itu mungkin nasihat terbaik untuk menjalani karir di dunia bisnis.

Jadilah Pembelajar

Menjadi pribadi pembelajar adalah ciri khas Nadiem Makarim. Go Jek yang sudah melanglang buana ke seantero negeri bahkan mancanegara, didapat bukan dengan cara yang instan tetapi proses belajar dari pengalamannya. Seperti terlibat dengan perusahaan digital seperti McKinsey, menjabat Managing Director di Zalora, bergabung dengan Rocket Internet, dan Inisiator Young Leaders  for Indonesia.

Deretan pengalamannya membuat bekal yang cukup untuk mendirikan sebuah perusahaan yang sekarang digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Belajar dari perusahaan ke perusahaan kemudian mendirikan perusahaan sendiri tanpa pernah berpikir untuk cukup atau berhenti belajar.

Fokus pada Solusi

Ini yang menjadi kunci sukses yang utama. Dengan memfokuskan pada solusi, seperti halnya Gojek, Nadiem mendirikan bisnis transportasi digital yang bukan sekedar mencari keuntungan. Lebih jauh lagi, bisnis yang dibangun sebagai solusi dari permasalahan yang ada di Indonesia. Mulai dari tarif yang tidak masuk akal, kenyamanan, dan keamanan belum maksimal membuat lahirnya Gojek di tengah-tengah masalah yang ada.

Ketika solusi ini diterima oleh masyarakat maka dengan seiring berjalannya waktu maka tidak mungkin banyak orang yang mulai menyukainya. Berbondong-bondong orang mulai mengunduh aplikasinya, menggunakan jasanya, dan menikmati manfaatnya. Itulah jika bisnis fokus pada solusi akan mendapat nilai lebih di mata masyarakat luas.

Itulah kunci sukses menurut saya merujuk pada start-up unicorn asal Indonesia (Gojek dan Bukalapak) Meskipun masih banyak kunci sukses lainnya tetapi kunci-kunci sukses dari kedua CEO tersebut sudah cukup membuat kita lebih melek di era digital ini.

Office99 (Sumber : www.office99.com)

#Office99

Berbicara tentang digital, alangkah baiknya kita berkenalan dengan Office99. Office99 adalah penyedia layanan sewa kantor yang beroperasi sejak tahun 2016. Office99 yang berlokasi di Jala Sekolah Foresta No 8 BSD City (Educenter BSD) merupakan smart virtual office di Indonesia yang melayani klien dari berbagai jenis bidang usaha.

Office99 memiliki komitmen penuh untuk selalu memberikan pelayanan terbaik dan profesional kepada seluruh kliennya. Hadir sebagai solusi kemudahan berbisnis dengan fasilitas lengkap tetapi dengan biaya yang terjangkau. Pada tahun 2018 saja, Office99 mengapresiasi ratusan klien dengan pelayanan tambahan, yaitu dengan menyediakan jasa pembuatan perusahaan, jasa pengurusan PKP, dan jasa konsultan pajak.

Buat kalian yang belum tahu smart virtual office, simak lebih lanjut ya. Sesuai namanya, virtual office, adalah kantor yang disewakan secara virtual atau dengan kata lain hanya menumpang nama. Jadi, ketika kita akan mendirikan perusahaan pastilah memiliki alamat perusahaan. Nah, jika belum punya budget memiliki kantor secara fisik maka lebih baik menggunakan virtual office. Seperti yang disediakan Office99 yang bisa menekan biaya operasional perusahaan hingga 90 persen.

Start-up atau perusahaan-perusahaan baru berdiri yang belum memiliki modal banyak atau karyawan yang terbatas biasanya memilih kantor virtual. Jelas alasannya adalah hemat biaya. Disamping itu juga bisa lebih fokus untuk mengembangkan bisnisnya.

Berdasarkan website Office99, disebutkan ada 5 Hal Keuntungan Memilih Virtual Office.

Alamat perusahaan yang sah

Sumber : www.office99.com

Virtual officeitu alamatnya gabung bersama perusahaan lainnya. Meskipun begitu, alamat tempat perusahaan tetap sah digunakan sebagai lokasi perusahaan tersebut. Terlebih lagi, alamat ini juga bisa menjadi sarana komunikasi surat menyurat yang sah dan jelas. Bisa juga dicantumkan di laman “kontak” website untuk memudahkan calon pelanggan atau investor menemukan lokasi perusahaan.

Meningkatkan nilai branding perusahaan

Sumber : www.office99.com

Investor atau calon konsumen jika melihat ada alamat perusahaan akan terlihat baik. Tentu ini menjadi poin plus bagi pemilik perusahaan. Disamping meningkatkan citra perusahaan, bisa juga meningkatkan kepercayaan bagi investor atau konsumen.

Jam kerja fleksibel

Sumber : www.office99.com

Tentu jika memiliki kantor virtual, jam kerja lebih fleksibel karena zaman digital seperti sekarang ini karyawan bisa menyelesaikan pekerjaan kapan saja. Apalagi bisa online dimanapun. Jam kerja tidak menjadi masalah. Asalkan sudah sesuai dengan Peraturan Kementerian Tenaga Kerja, yaitu delapan jam kerja dan satu jam istirahat.

Memiliki kantor yang nyaman

Sumber : www.office99.com

Kenyamanan adalah jelas yang menjadi alasan selanjutnya. Jika memilih Office99, maka fasilitas yang dimiliki kantor fisik (resepsionis, ruang rapat, kontak resmi, dan pantry) tetap dimiliki kantor virtual. Menariknya adalah konsep virtual office tidak membebankan biaya tambahan pada kliennya jika nantinya perusahaan melakukan penambahan karyawan, tidak seperti kantor fisik yang beban biayanya dihitung per karyawan bekerja di tempat tersebut.

Mengurangi tekanan dan stress

Sumber : www.office99.com

Kalau sudah memiliki kantor yang nyaman, waktu yang fleksibel, dan suasana yang menyenangkan maka tidak heran tekanan dan stress pun berkurang. Inilah keunggulan lainnya yang didapatkan jika menggunakan layanan virtual office.

Ada beberapa produk yang disediakan oleh Office99, diantaranya Serviced Office, Virtual Office, Pembuatan PT dan CV, serta Pengurusan PKP.

Serviced Office

Sumber : www.office99.com

Serviced Office adalah layanan Office99 yang menyediakan kantor yang profesional, furniture berkualitas, fasilitas kantor yang lengkap, dan suasana kerja yang nyaman. Dengan memindahkan kantor ke layann Serviced Office maka akan terbebas dari renovasi, bayar tagihan internet bulanan, bayar tagihan listrikm dan biaya bulanan lainnya. Kenapa? Karena sudah termasuk semuanya jadi tidak usah khawatir.

Virtual Office

Sumber : www.office99.com

Virtual Office adalah layanan Office99 yang menyediakan layanan virtual office terbaik untuk perusahaan start-up, terutama yang membuathkan alamat perusahaan untuk pengurusan hukum. Adapun yang ditawarkan adalah ruang kantor, ruang meeting, nomor telepon kantor, dan layanan resepsionis. Dengan virtual office maka kantor tetap dalam kondisi yang baik dan nyaman. Disamping itu juga kita memiliki alamat domisili perusahaan yang sah.

Pembuatan PT dan CV

Sumber : www.office99.com

Pembuatan PT dan CV adalah layanan berikutnya dari Office99 untuk warga Indonesia asli. Kita cukup mengisi formulir persyaratan dasar kemudian tinggal menunggu di rumah. Simpel, bukan? Kita sudah mendapatkan beberapa dokumen penting karena sudah termasuk Jasa yang diberikan Office99.

Pengurusan PKP

Sumber : www.office99.com

Pengurusan PKP juga layanan dari Office99, pengurusan Pengusaha Kena Pajak (PKP) bisa lebih mudah dengan jasa yang ditawarkan oleh Office99. Dengan layanan resepsionis, penyediaan karyawan saat survei pkp, ruangan saat survei, dan jasa lainnya akan memudahkan klien yang hanya menyiapkan berkas persyaratannya. Adapun selanjutnya adalah Office99  yang mengurusnya. Semakin mudah, bukan?

Itulah perkenalan bersama Office99. Sebagai penyedia layanan virtual office dan ruang kantor di Indonesia, Office99 mendukung kesuksesan tiap individu untuk kemajuan perekonmian rakyat Indonesia. Kunci Sukses yang saya tuliskan semata-mata untuk refleksi diri dan sebagai penyemangat pembaca untuk lebih semangat berkarya untuk bangsa.

Semoga start-up, pengusaha digital, dan Office99 bisa lebih banyak berkolaborasi untuk menciptakan lebih banyak iklim kesuksesan di Indonesia. Sehingga Indonesia bisa lebih berkembang dan menjadi kiblat pereekonomian dunia.

4 thoughts on “Lima Kunci Sukses di Dunia Digital : Inspirasi Startup Unicorn Indonesia

  • 04/02/2019 at 11:57 PM
    Permalink

    Pesannya Akhmad Zaky bener banget. Krisis bukan alasan untuk pesimis, melainkan harus tetap optimis demi meraih peluang manis. Terima kasih artikelnya Mas Ferry. Sukses juga untuk lombanya, ya. Salam hangat.

    Reply
    • 05/02/2019 at 6:30 AM
      Permalink

      selalu belajar dari orang-orang sukses. Good luck juga lombanya mas 🙂

      Reply
    • 05/02/2019 at 6:30 AM
      Permalink

      betul sekali mas 🙂

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *