Lima Hal yang Mamprang di Asian Games 2018

Do you know “mamprang”? Hehe Mamprang is the coolest word to say something amazing. Kata itu berasal dari bahasa sunda. Ya, saya adalah sundanese blogger. Jadi gak apa apa kak rada nyunda? Hehe

Sebagai komitmen saya dalam memeriahkan Asian Games 2018 maka sampai dengan tanggal 25 Juli 2018 saya akan menyuguhkan (bahasa naon eta) tulisan dengan tema Asian Games. Tentunya dari sumber yang valid ya.

Kali ini saya mau bahas tentang Lima Hal yang Mamprang di Asian Games XVIII

1. Negara pertama yang mengadakan Asian Games di dua kota

Sebenarnya kalau dibilang dua kota sih saya gak setuju. Lho kan saya nulis kok malah gak setuju? Haha Soalnya saya dapat sumber dari www.kumpulanfakta.com tentang poin pertama ini.

Seharusnya Indonesia menyebutkan menggelar di lima kota, yaitu kota pendukung seperti Lampung, Jawa Barat, dan Banten. Eh tapi karena pusat utamanya di Jakarta dan Palembang mungkin jadinya disebutkan dua kota saja.

2. Vietnam Mundur Indonesia Maju

Polemik di negara Vietnam yang menjadi alasan utama pengunduran diri negara Nguyen tersebut. Pasalnya krisis ekonomi dan finansial sedang melanda disana dan mengakibatkan tidak bisa diselenggarakannya Asian Games 2018. Padahal sebelumnya pada tahun 2012 dimana terjadi pemungutan suara, Vietnam mengungguli dua kandidat lainnya (Surabaya dan Hanoi).

Sungguh sangat disayangkan tetapi Indonesia mendapat kehormatan dari Olympic Council of Asia (OCA) untuk menjadi tuan rumah pengganti Vietnam. Awal mulanya bakal digelar di Surabaya tetapi karena Surabaya terpilih menjadi tuan rumah Asian Youth Games 2021 sehingga kota terpilih jatuh kepada Jakarta dan Palembang.

3. Memperlombakan Banyak Cabang Olahraga

Asian Games 2018 ini tercatat sebagai gelaran olahraga tingkat Asia yang memperlombakan cabang olahraga dan nomor olahraga terbanyak. Ada 41 cabang olahraga yang akan dipertandingkan yang terdiri dari 33 cabang olahraga olimpiade dan 8 cabang olahraga non olimpiade. Sedangkan jumlah nomor perlombaan sebanyak 490 nomor.

Dari 40 cabang olahraga terdapat 10 cabang olahraga baru yang akan dipertandingkan. Apa saja itu? Diantaranya Rollersport (Rollerskate dan Skateboarding), Sport Climbing, Basketball, Jetski, Pencak Silat, Sambo, Jiu Jitsu, Kurash, 3 on 3 Basketball, dan Bridge

4. Ada Tiga Maskot Unik

Seperti di tulisan sebelumnya, saya menulis tentang perjalanan Atung menjelajahi kota Bandung. Nah Atung ini bersama Bhin Bhin dan Kaka menjadi maskot Asian Games 2018. Maskot ini filosofis dan sarat makna.

Ketiga maskot ini merupakan satwa langka yang dilindungi. Atung merupakan Rusa Bawean dari Indonesia bagian Tengah. Bhin Bhin adalah burung cenderawasih dari Indonesia bagian Timur. Dan Kaka adalah badak bercula satu yang berasal dari Ujung Kulon atau Indonesia bagian Barat.

5. Asian Games 2019 lho!

Setelah penunjukkan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games menggantikan Vietnam, OCA mengajukan untuk waktu diadakan Asian Games ke 18 ini pada tahun 2019. Namun Indonesia merasa keberatan karena pada tahun 2019, Indonesia akan menyelenggarakan pemilu.

Akhirnya permintaan Indonesia pun disetujui sehingga Asian Games XVIII resmi diadakan mulai tanggal 18 Agustus 2018. Ini menjadi kali kedua Indonesia tuan rumah Asian Games setelah terakhir kali pada tahun 1962 yang digelar di Jakarta.

Itulah Lima Hal Mamprang tentang Asian Games. Semoga bermanfaat!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: