Kumpul Blogger BPK dan Materi Monetizing Blog yang Keren

Kali ini saya mau berbagi pengalaman tentang acara Kumpul Blogger BPK. Saya kebetulan bersama rekan-rekan Komunitas Blogger Jakarta diundang untuk mengikuti acara yang diadakan oleh BPK sekaligus pengumuman Lomba Blog yang diadakan oleh BPK bulan kemarin.

Saya sangat beruntung bisa diundang untuk mengikuti acara yang menurut saya sangat langka. Kenapa? Karena ada instansi pemerintah yang sudah melek digital dengan menggandeng para blogger sebagai mitra dalam menuntaskan tujuan pemerintahan yang bersih dan transparan.

Memang di era digital seperti sekarang ini yang berbicara adalah teknologi. Mereka yang bersikukuh dengan metode lama akan segera punah tertelan zaman. Sedangkan mereka yang beradaptasi dan belajar tentang digitalisasi di berbagai sektor bisa berpeluang untuk maju dan berkembang.

Reportase

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan seksama. Kemudian dilanjut dengan pembacaan doa. Sekjend BPK pun melanjutkan rangkaian acara Kumpul Blogger BPK dengan memberikan motivasi dan arah BPK di era digital ini.

Profesor Soemarhadi sebagai Ketua BPK bergantian memberikan sambutan sekaligus membuka acara Kumpul Blogger BPK dengan memukul gong sebagai tanda pembuka acara. Acara pun dilanjutkan dengan pemberian hadiah kepada para juara, Tiga juara favorit dan Tiga Juara Utama.

Acara yang dimulai dari pukul 10.30 tidak terasa sudah sampai pukul 12.00. Semua blogger. Media, dan semua pihak yang terlibat beristirahat untuk makan siang dan sholat Dzuhur.

Itulah rangkaian utama yang disampaiakn oleh BPK. Sasaran lomba memang ke generasi milenial. Dengan blogging, BPK menyadari bahwa perkembangan informasi bisa lebih cepat dan bisa terserap ke elemen masyarakat bawah.

Tanpa ada kerja sama dengan blogger, mungkin BPK membutuhkan kerja ekstra dalam mengawal harta negara. Diharapkan instansi-instansi pemerintahan lain pun bisa mencontoh BPK sebagai langkah awal pembaruan di zaman digital.

Materi Sharing

Setelah sholat dan makan siang, kami pun melanjutkan acara yang sangat menarik. Tiga pembicara yaitu

Mas Farhan (Travel Blogger) : “Dari Gagasan Menjadi Tulisan”

Mbak Ollie Salsabeela (CCO Zetta Media) : “Personal Branding”

Mas Dimas Novriandi (Social & Brand Activation Lead) : “Cara Menghasilkan Uang dari Blog”

“Dari Gagasan Menjadi Tulisan”

Ada 5 tipe blogger menurut Mas Farhan, diantaranya :

  1. The Part Time Professional : Blogger yang melakukan aktivitas blogging sebagai tambahan penghasilannya disamping ada pekerjaan lainnya.
  2. The Hobbyst : Blogger yang sekedar ingin mecurahkan hobinya melalui blog.
  3. The Full Time Professional : Blogger yang menjadikan aktivitas bloggingnya menjadi pekerjaan utamanya
  4. The Corportae : Blogger yang memang kerjaannya blogging di sebuah company atau perusahaan.
  5. The Entrepreneur : Blogger menjadikan menghasilkan usaha atau penghasilan sendiri.

Saya akan coba mereview kegiatan sharing bersama Mas Farhan. Menurut Mas Farhan, Blog adalah medium untuk opini secara personal. Blog yang sudah mempunyai tema atau niche sangat bagus untuk diarahkan karena sudah fokus pada satu hal.

Semua berawal dari Ide. Ketika sudah ada ide maka kita harus menggali secara mendalam ide tersebut. Bagaimana? Yaitu dengan cra mencari ide yang pernah ada kemudian setelah itu kita memberikan warna yang berbeda dengan ide yang sama. Jadilah itu daya tarik sendiri ketika orang lain melirik tulisan kita padahal ide yang dilontarkan itu sama.

Setelah itu temukan sumber relevan. Bisa berdasarkan kejadian yang pernah dialami diri sendiri atau orang lain sebagai data yang valid. Ditambah teori yang mendukung semua tulisan kita. Kalau Mas Farhan biasanya dia bisa nulis suatu artikel selama 2 jam tetapi untuk editing membutuhkan waktu 1-2 hari karena tulisannya harus diuji validitasnya.

Sebagai travel blogger, menjadi tanggung jawab pribadi jika tulisan yang ada di blognya tidak sesuai atau menyesatkan orang lain yang akan bepergian ke suatu tempat. Sehingga Mas Farhan sering meminta kontak dan memberikan draft tulisan ke orang setempat sebagai uji valid tidaknya apa yang sudah dituliskan.

Yang terakhir adalah publish and share di social media. Sehingga banyak orang yang tertarik dengan tulisan dan mau membaca tulisan-tulisan yang ada di blog kita.

Materi Personal Branding

Mbak Ollie menjelaskan tentang banyak hal mengenai Personal Branding. Awal mulanya memang dari kesenangan menulis kemudian timbul untuk menerbitkan buku-buku. Sekarang sudah mencapai 30 buku yang sudah diterbitkannya.

Ada cerita menarik tentang bagaimana beliau meniti karir dengan melakukan personal branding pertama kalinya. Beliau mendatangi ke tempat-tempat SPA untuk dipijat kemudian wanita yang sudah memiliki startup nulisbuku.com tersebut mereview SPA TANPA DIBAYAR.

Dengan konsistensinya, beliau terkenal dengan blogger “SPA Reviewer”. Akhirnya setelah sekian lama menjadi SPA Reviewer, Penulis buku dan Penyuka fashion tersebut diundang ke Korea SECARA GRATIS! Untuk apa? untuk mereview tempat SPA yang ada di negeri ginseng tersebut.

Lama kelamaan beliau diundang di beberapa negara, sebagai inspiring woman di New York. Pembicara di Singapura, dan di berbagai kota dan negara. Luar biasa kan buah konsistensinya?

Materi Bagaimana Menghasikan Uang dari Blog

Kenapa sih harus nge-blog? Karena ngeblog itu mudah, gratis, kredibilitas, dan membuka peluang. Dari kemudahan ngeblog itu membuat peluang penghasilan tambahan atau bahkan utama bisa bermunculan.

Ketika kita sudah memutuskan untuk ngeblog maka hal yang pertama kita lakukan (seperti Materi Mas Farhan) adalah menentukan Niche Blog. Niche adalah tema tulisan yang ada di blog. Katakanlah seperti travel blogger yang blognya hanya menceritakan tentang perjalanan, tips hemat bepergian, dan semua tentang traveling.

Lalu setelah menentukan niche blog maka SAATNYA MENULIS. Ketika menulis pun harus cerdas melirik pasar. Apa saja yang sedang ramai dicari atau dibicarakan? Sehingga orang lain pun mencari tulisan kita dengan kebutuhan netizen.

Bagaimana membuat blog kita terkenal? Ada beberapa tips, yaitu

  1. Update Blog Secara Regular
  2. Tulis Viral
  3. Link Building atau bertukar link blog atau semacamnya
  4. Bergabung dengan komunitas.
  5. Ikutlah kompetisi supaya jika menang banyak orang melirik.

Mendapatkan Uang dari Blog ala Mas Dimas

Pertama adalah Marketing Campaign. Bisa dilakukan dengan menjadi salah satu buzzer atau influencer.

Kedua adalah Kolaborasi dengan Brand. Bisa menjadi Brand Ambassador.

Ketiga adalah Product Review. Melakukan produk dari brand lalu membuat orang tertarik untuk membelinya.

Mungkin teman-teman pembaca bakal bertanya-tanya kita belum terkenal, belum jadi apa-apa, bagaimana bisa menjadi brand ambassador atau influencer di suatu company atau product? Betul kan kalau iya berarti kita sepaham.

Ada TIPS MENARIK dari Mas Dimas yang aktif di blog DimasNovriandi.com (mungkin teman-teman bisa kepoin blognya. Hehe)

  1. Jual Diri dengan Media Kit. Jangan menunggu! Jual diri Anda ke brand atau agency dengan mengirimkan media kit. Mungkin bisa digoogling sama temanp-teman contoh media kit.
  2. Gunakan sumber penghasilan sebanyak-banyaknya. Banyak banget sumber penghasilan yang berawal dari ngeblog ; product reviewer, affiliate, event, dan sebagainya. Sehingga semakin banyak income yang kita dapat.

Sekian review dari saya tentang acara Kumpul Blogger BPK dan Materi Sharing Bersama Blogger Expert. Semoga bermanfaat ya. Maaf tidak semua coretan bisa tertuang di penjelasan materi bloggingnya, Karena sumbernya dari tulisan saya. Soalnya saya belum terima soft file presentasinya. Hehe

Oya, terakhir kata Mas Dimas sebagai penutup “Jangan Berhenti Menulis!” Itulah penutup acara sharing blogging. Dilanjut dengan acara sesi foto bersama semua blogger.

8 thoughts on “Kumpul Blogger BPK dan Materi Monetizing Blog yang Keren

    • 17/03/2018 at 2:00 PM
      Permalink

      saya catat mas dibuku. soalnya kalau pake handphone suka kalah cepat sama narasumbernya. hehe

      Reply
  • 17/03/2018 at 7:53 PM
    Permalink

    wuihhh lumayan lengkap nih mas feri nulis materi talkshownya. bookmark ah! banyak hal penting dan bermanfaat ya dari talkshow kemaren itu..

    Reply
    • 18/03/2018 at 10:17 PM
      Permalink

      iya betul mbak. membuka wawasan dan menambah semangat ngeblog

      Reply
    • 19/03/2018 at 4:22 PM
      Permalink

      Thanks Miss Mio

      Reply
  • 22/03/2018 at 5:51 PM
    Permalink

    Detail dan rapi tulisannya, jadi mudah baca dan memahaminya. Makasi sudah menuliskannya ya, Mas

    Reply
    • 23/03/2018 at 8:36 AM
      Permalink

      emang rapi ya bukannya acak2an. hehe

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: