Awal tahun baru menjadi hal yang tidak terlupakan untuk warga Bekasi sepertiku. Banjir seolah mengawali rentetan cerita di tahun 2020. Hampir semua lokasi, baik di kota ataupun kabupaten, merasakan banjir terparah dalam sepuluh tahun terakhir ini. Terutama perumahan-perumahan dekat dengan kali yang rawan jebol tanggulnya.

Tempat tinggalku terletak di perkampungan sehingga tidak terkena dampak banjir. Banjir yang melanda hampir jabodetabek tersebut memberikan dampak yang luar biasa untuk mata pencaharian. Apalagi Bekasi sebagai kota industri yang penuh dengan hiruk pikuk kendaraan setiap harinya. Jika akses ke pabrik-pabrik tidak bisa dilewati maka banyak pekerja yang tidak bisa masuk kerja.

“Mas, gimana pas banjir kemarin?” tanyaku ke pegawai kantin di pabrik.

“Parah, Fer! Mobil gua aja kelelep.” jawabnya dengan logat khas Betawi.

“Emang gede banget sih hujannya. Kok mobilnya ini ganti lagi?” tanyaku penasaran.

“Gua harus servis total, Fer. Belum lagi harus dibawa ke bengkel. Parah pokoknya.” ujarnya sambil tidak bisa berkata-kata lagi.

Tidak bisa dibayangkan membawa mobil yang mogok ke bengkel. Lalu pastinya mengeluarkan uang servis yang tidak sedikit. Kabarnya dia harus merogoh kocek lebih dari 10 juta rupiah!

Beberapa hari menjelang lebaran, Bekasi kembali dilanda hujan deras. Saya masih ingat hari itu bertepatan dengan 25 Ramadhan. Cuaca dari pagi memang mendung. Awan hitam mulai menyelimuti langit Bekasi. Puncaknya ketika dzuhur, hujan deras kembali menghantam Bekasi dan sekitarnya.

Curah hujan tinggi sangat berpotensi menyebabkan banjir seperti malam tahun baru. Berita di grup whatsapp pun berseliweran.

“Masih semata kaki.”

“Mulai menggenang di depan rumah.”

Beragam tanggapan dari teman kerja pun membuat saya khawatir apakah Bekasi kembali banjir atau tidak. Alhamdulillah beruntungnya hujan yang deras itu berhenti di sore hari menjelang Maghrib. Genangan air tidak setinggi seperti tahun baru tetapi tetap saja beberapa daerah langganan banjir menyebabkan akses kendaran menjadi terhambat.

Dampak banjir membuat para pengendara, khususnya mobil, kesulitan untuk menembus kemacetan. Alangkah repotnya jika mobilnya mogok dan harus mencari tempat servis yang terdekat.

Bukan hanya banjir yang membuat pemilik kendaraan kelimpungan. Situasi covid-19 seperti sekarang ini membuat semua orang tidak bisa leluasa untuk bepergian ke luar rumah. Anjuran #DiRumahAja yang sudah diinformasikan oleh pemerintah pusat maupun daerah harus dipatuhi. Hanya yang benar-benar urgent bisa keluar rumah.

Tentunya jika terpaksa keluar rumah, maka protokol kesehatan harus dilakukan. Seperti menggunakan masker, jaga jarak minimal satu meter, selalu mencuci tangan, tidak bersalaman dengan orang lain, menghindari berkumpul dengan banyak orang, dan lain-lain.

Infografis covid-19 di Indonesia per tanggal 24 Mei 2020 (dok. https://covid19.go.id/)

Cukup ketat kan protokolnya? Memang begitulah seharusnya. Ini dilakukan demi mengurangi penyebaran virus corona yang sangat cepat ini.

Angka kasus positif covid-19 yang lebih dari 20 ribu ini sepatutnya lebih membangkitkan kesadaran kita. Jangan sampai menganggap remeh virus ini dan selalulah mengutamakan protokol kesehatan dimanapun berada. Namun yang lebih baik adalah tetap #DirumahAja.

Lalu muncul pertanyaan bagaimana jika kendaraan kita harus diservis atau maintenance secara berkala? Padahal kita harus tetap #DiRumahAja.

TIDAK USAH KHAWATIR! PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memberikan kemudahan layanan service Mitsubishi kepada konsumen saat kondisi #DiRumahAja sehingga tidak perlu repot keluar rumah untuk servis. Apa yang dilakukan PT MMKSI adalah sebagai bentuk dukungan terhadap himbauan pemerintah dan untuk memberikan kepuasan dan kenyamanan kepada Mitsubishi Family yang ada di seluruh Indonesia.

Home Service dari Mitsubishi Motors (dok. https://www.mitsubishi-motors.co.id/)

Layanan pertama yang dikeluarkan PT MMKSI adalah Home Service. Layanan Home Service memudahkan Mitsubishi Family untuk melakukan perawatan kendaraannya secara berkala tanpa harus keluar rumah.

Dalam layanan Home Service ini pihak mekanik dari diler Mitsubishi akan mendatangi langsung rumah konsumen dan melakukan perawatan berkala berupa light maintenance atau servis ringan (kelipatan 10.000 km) tanpa adanya keluhan pada kendaraan Mitsubishi Motors kesayangan Anda. Personel dari diler yang mendatangi rumah konsumen ini juga akan dilengkapi dengan masker sehingga konsumen tetap nyaman dan aman.

Layanan berikutnya adalah Vehicle Pick Up yaitu layanan dari pihak diler yang akan melakukan penjemputan kendaraan konsumen untuk dilakukan perawatan di diler. Konsumen  cukup menunggu kendaraannya diperbaiki sampai selesai sambil melakukan kegiatan di rumah. Tentunya personel yang mengambil mobil konsumen pun dilengkapi dengan masker, sarung tangan, sesuai prosedur kesehatan dan keamanan yang sudah disepakati bersama.

Aplikasi My Mitsubishi Motors ID (dok. twitter mitsubishi)

Konsumen yang sudah mengunduh aplikasi My Mitsubishi Motors ID bisa melakukan layanan servis kendaraan di diler resmi Mitsubishi yang tersebar di seluruh Indonesia. Konsumen bisa mengetahui jadwal servis dan persiapan servis serta pekerjaan servis dan spare part bisa menjadi lebih teratur.

Adapun untuk servis berkala, konsumen juga bisa memilih layanan layanan Mitsubishi Quick Pit (MQP) yaitu layanan servis cepat untuk perawatan berkala tanpa keluhan pada kendaraan. Pada MQP ini kendaraan konsumen akan dikerjakan oleh dua orang mekanik sehingga pekerjaan jadi lebih cepat.

PT MMKSI sudah bekerja sama dengan PT Allianz Partner untuk menyediakan layanan 24 Hours Emergency Servis. Sehingga jika Mitsubishi Family membutuhkan bantuan saat di perjalanan, maka bisa langsung menghubungi Allianz melalui hotline Allianz (021) 56961177 ext. 2 (layanan ini tersedia selama 24 jam & selama jam operasional diler layanan bantuan road assistance juga akan diberikan oleh diler secara parallel).

“MMKSI berusaha menjadi perusahaan nomor satu di industri. Tidak hanya di sektor otomotif tetapi juga sektor lainnya. Kami telah mendapatkan penghargaan peringkat pertama untuk Customer Satisfaction Index (CSI), Sales Satisfaction Index (SSI) & Initial Quality Study (IQS). Namun, kami tidak akan berhenti sampai di sini,” papar Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI.

PT MMKSI, tambah Nakamura, akan terus berusaha memberikan pengalaman baru yang berkesan yang tidak akan didapatkan dari brand lain. Salah satunya adalah menghadirkan program Mitsubishi ONE, yaitu layanan purna jual dari PT MMKSI sebagai bentuk implementasi dari After Sales Corporate Value dengan esensi utama “Forward Thinking for Customer” demi memberikan kepuasan dan kenyamanan untuk konsumen.

Peluncuran program Mitsubishi ONE (dok. https://www.mitsubishi-motors.co.id/)

Mitsubishi ONE hadir dengan 5 (lima) pilar utama dengan fokus utamanya yaitu untuk memberikan pelayanan terbaik yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

Pilar pertama, One Spirit, Semangat memberikan pelayanan terbaiknya untuk memenuhi kebutuhan para konsumen;

Pilar Kedua, One Hospitality Standard, melayani dengan senyum dan tanggap memberikan solusi;

Pilar Ketiga, One Service Standard, memastikan konsumen mendapatkan kualitas layanan Mitsubishi Motors dengan sistem yang terintegritas dan akurat; 

Pilar Keempat, One Unity, dimana kendaraan konsumen akan diperlakukan layaknya kendaraan sendiri oleh para teknisi; dan

Pilar Kelima, One Vision, yaitu MMKSI akan terus berinovasi dalam pelayanan dan mencari solusi dalam memenuhi segala kebutuhan konsumen.

Mitsubishi Care yang siap melayani Mitsubishi Family (dok. https://www.mitsubishi-motors.co.id/)

Bersamaan dengan kampanye baru Mitsubishi ONE tersebut, MMKSI memperkenalkan beberapa program dan aktivitas yang tentunya dipersembahkan untuk memenuhi kebutuhan pada konsumen akan layanan after sales Mitsubishi Motors, di antaranya:

  1. Mitsubishi Service Caravan

Program ini merupakan program regular dari MMC dan telah dilaksanakan di beberapa negara di Asia. Tahun ini menjadi kali ketiga Mitsubishi Service Caravan dilaksanakan di Indonesia.

Dalam program ini, MMKSI mengundang mekanik terbaik dari Jepang dan Indonesia untuk memberikan layanan terbaiknya kepada konsumen dalam bentuk konsultasi dan layanan lainnya. Tahun ini, MMKSI akan melaksanakan Mitsubishi Service Caravan di Surabaya dan Malang dari tanggal 23-26 November 2019. Kemudian pada 13-17 Desember 2019 di Medan.

  1. Parts & Accessories Warranty

Program garansi ini merupakan program baru dari after sales MMKSI. Mulai tanggal 01 Desember 2019, konsumen yang melakukan pembelian suku cadang asli dari Mitsubishi Motors, akan mendapatkan garansi selama 1 tahun/20.000 km dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Sedangkan, untuk pembelian dan pemasangan aksesoris asli Mitsubishi Motors di bengkel resmi Mitsubishi akan mendapatkan garansi 3 tahun/60.000 km.

  1. New 24 Hours Emergency Services

Layanan ini merupakan pengembangan dari layanan 24 Hours Emergency Services (HES) Mitsubishi Motors. Dalam menyediakan layanan ini, MMKSI bekerjasama dengan PT Allianz.

Seluruh konsumen kendaraan penumpang Mitsubishi Motors dapat menikmati layanan ini dengan syarat tahun kendaraan hingga tiga tahun (berdasarkan tanggal Penyerahan Kendaraan). Layanan ini bisa didapatkan oleh konsumen dengan menghubungi layanan siaga 24 jam Mitsubishi Motors di 0804-1-300-300.

  1. Body & Paint Expansion

Untuk memastikan konsumen mendapatkan layanan bodi dan cat berstandar Mitsubishi Motors, MMKSI telah menghadirkan 15 fasilitas perbaikan dan pengecatan bodi kendaraan di seluruh Indonesia, di mana fasilitas tersebut akan terus dikembangkan seiring dengan meningkatnya kebutuhan konsumen akan fasilitas tersebut.

  1. New Aftersales Products

MMKSI juga memperkenalkan produk-produk terbaru dari after sales seperti ban, baterai, bulb, New packaging & new formula Mitsubishi Motors Genuine Oil (MMGO) OW-20, Engine Cleaner & Coating, serta Instant Tire Repair Kit.

Berkat layanan yang diberikan oleh PT MMKSI, seluruh konsumen Mitsubishi dapat tenang dan nyaman melakukan perawatan kendaraannya tanpa harus keluar rumah. Kemudahan layanan service Mitsubishi juga dapat meminimalisir adanya kontak fisik dengan banyak orang dan tentunya mematuhi himbauan pemerintah untuk tetap #DiRumahAja. Semoga wabah covid-19 ini segera berakhir dan kehidupan bisa kembali normal. Tetap stay at home dan mari jaga kesehatan kita bersama.

Selalu #DiRumahAja dulu, biar bisa #Adventure lagi.

#TempoBloggerWritingCompetition

#LombaBlogDBPacademy

 #LombaBlogMitsubishi

“Artikel ini diikutsertakan dalam lomba menulis blog DBP Academy x Tempo Blogger Writing Competition

Referensi Tulisan :

Berita Covid19 terbaru : https://covid19.go.id/

Layanan Home Service Mitsubishi : https://www.mitsubishi-motors.co.id/category/news-id/dirumahaja-dan-manfaatkan-layanan-home-service-mitsubishi-motors

Kenyamanan Pelanggan Mitsubishi : https://www.mitsubishi-motors.co.id/siaran-pers/mmksi-utamakan-kenyamanan-pelanggan-dengan-perpanjangan-masa-garansi-dan-free-service-kendaraan

Layanan 24 Hours Emergency Service : https://www.mitsubishi-motors.co.id/siaran-pers/mitsubishi-sediakan-layanan-24-hours-emergency-service-untuk-konsumen-terdampak-banjir

Layanan Purna Jual Mitsubishi : https://www.mitsubishi-motors.co.id/category/news-id/mitsubishi-one-wajah-baru-layanan-purna-jual-mitsubishi-di-indonesia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *