Dukung Bersama Asian Games 2018 dari Kota Mangga, Indramayu

Dukung Bersama Asian Games 2018!

Hirup pikuk spanduk dan baliho Asian Games 2018 sudah tersebar dimana-mana. Tapi kenapa seolah kalah pamor dengan World Cup 2018.  Tak terkecuali di kampungku, Indramayu. Meskipun spanduk Asian Games 2018 sudah terpampang di berbagai tempat strategis, seperti Stasiun Jatibarang, Markas TNI daerah Indramayu, Dinas HAM Indramayu, GOR Wiralodra, dan Waterboom Dayung. Namun gaungnya kurang terasa. Itulah sebabnya Presiden Joko Widodo, seperti dilansir oleh Detik (o5/06/2018) , mengundang para vlogger untuk membuat demam Asian Games 2018 mewabah ke semua masyarakat Indonesia.

Aku bersama istri mencoba mensosialisasikan ke masyarakat Indramayu tentang Asian Games 2018. Sebelum melakukan hal yang besar untuk Indonesia, aku membuat sesuatu yang kecil terlebih dahulu dari daerahku.. Aku membuat beberapa properti untuk mempromosikan Asian Games XVIII  seperti styrofoam, spidol, kertas HVS, gunting, lem dan print gambar Asian Games,. Aku merangkai bahan-bahan tersebut menjadi miniatur instagram seperti pada gambar dibawah. Meskipun aku menjadi sorotan karena membawa “properti andalanku” itu ketika di jalanan indramayu tetapi aku tidak malu. Justru itulah tujuanku menjadi pusat perhatian.

Dukung Indonesia Juara! (Dok Pribadi)
Bersama Bapak TNI (Dok Pribadi)

Aku datangi pedagang-pedagang kecil di Taman Cimanuk dan menanyakan seputar Asian Games 2018 sambil membawa properti andalan. Sayangnya tidak semua orang tahu mengenai perhelatan olahraga terbesar se-Asia ini. Padahal Indonesia merupakan tuan rumahnya seharusnya animo masyarakat menggema di seluruh penjuru daerah untuk menyambut 45 negara kontestan Asian Games 2018 ini. Dengan 40 cabang olahraga yang dilombakan dimulai tanggal 18 Agustus 2018 sampai dengan 2 September 2018. Indonesia menargetkan masuk 10 besar dengan target raihan emas sebanyak 20-22.

Pedagang Cimanuk (Dok Pribadi)
Pedagang Baso Gaul (Dok Pribadi)

“Pak, Agustus nanti bakalan ada Asian Games ya. Dukung ya!”

“Jangan lupa dukung atlet-atlet Indonesia, Pak!”

“Dukung Indonesia ya semoga jadi Juara!”

Kalimat-kalimat itu selalu dilontarkan kepada masyarakat Indramayu yang belum tahu adanya Asian Games. Momen ini sangat penting buatku karena sebagai blogger, pesan edukasi harus disampaikan. Apalagi ini kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games setelah 56 tahun lamanya. Pada tahun 1962 Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games ke-4. Penunjukkan Asian Games tahun 2018 ini memang tidak diduga sebelumnya mengingat Vietnam mengundurkan diri sebagai tuan rumah.

Pasukan Cleaner (Dok Pribadi)
Pasukan Damri (Dok Pribadi)
Teh Poci (Dok Pribadi)
Bersama Bapak Polisi (Dok Pribadi)

Berdasarkan Olympic Council of Asia, Indonesia ditunjuk untuk menjadi tuan rumah. Berbagai persiapan pun langsung digenjot dalam beberapa tahun kebelakang. Mulai dari wisma atlet, fasilitas latihan, infrastruktur berbagai cabang olahraga, sampai dengan bonus atlet. Erick Tohir selaku Ketua Indonesia Asian Games 2018 Organisme Committee (INASGOC) menyebutkan akan memberi bonus 1,5 milyar untuk atlet yang meraih medali emas. Ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah kepada para pahlawan olahraga yang mengharumkan nama bangsa di level Asia.

Berbicara tentang atlet pada Asian Games 2018. Aku sangat bangga ada wong dermayu di sekian nama atlet Indonesia yang berjuang. Ada Dhean Titania Fazrin (Taekwondo), Lena (Sepak Takraw), dan Leni (Sepak Takraw).

Dhean Titania Fazrin (Taekwondo, Detik)

Dhean Titania Fazrin ini tergabung dalam MTFC (Mangoes Taekwondo Fans Club) Indramayu. Tempat latihannya tidak jauh dari rumahkku. Dhean bersama atlet daerah biasa berlatih di GOR Dharma Ayu Indramayu. Namun sekarang sudah mengikuti pelatnas di Jakarta beberapa bulan yang lalu.

Peraih medali perunggu Sea Games 2017 di Kuala Lumpur ini barus saja meraih medali perak di Vietnam pada ajang Taekwondo Asian Championship 2018. Sungguh prestasi yang membanggakan. Pada ajang Islamic Solidarity Games di Baku, Dhean juga meraih medali perak. Semoga nanti Asian Games mendapatkan medali emas.

Lena (Sepak Takraw, Republika)

Lena dan Leni adalah atlet asal Desa Karangkerta Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu. Prestasinya luar biasa ketika PON 2016 mendapatkan medali emas di nomor double, team, dan beregu. Selain itu Lena dan Leni mendapatkan medali perunggu di ajang Asian Games 2014 lalu di Incheoon Korea Selatan.

Leni Nomor 2 (Sepak Takraw, Viva)

Sedangkan di Sea Games 2017 Kuala Lumpur, Tim Sepak Takraw Putri sempat dicurangi wasit sehingga Lena Leni dkk memutuskan untuk meninggalkan lapangan. Kejadian ini sempat viral dan menjadi sorotan publik. Bahkan Menteri Pemuda dan Olahraga turun tangan dan memberikan support kepada Lena Leni dkk. Mereka harus puas dengan menduduki peringkat tiga dan membawa pulang medali perunggu ke tanah air.

Para Pahlawan Olahraga sedang berjuang di Jakarta & Palembang dan kini giliranku bersama daerahku mendukung sepenuhnya kepada atlet terbaik Indonesia. Aku pun mengajak semua elemen masyarakat di seluruh penjuru daerah mendoakan dan memberikan support yang kita bisa. Mulai dari hal terkecil, mulai dari daerah sendiri, dan mulai dari diri sendiri.

Mari kita tunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah tuan rumah yang ramah, meriah, dan menyenangkan. Kita dukung atlet Indonesia menjadi Juara di negeri sendiri.

Semangat!

6 thoughts on “Dukung Bersama Asian Games 2018 dari Kota Mangga, Indramayu

  • 16/07/2018 at 9:23 PM
    Permalink

    Kreatif banget Kang bentuk dukungannya, salut! Semoga Indonesia bisa berjaya di ajang Asian Games 2018 nanti ya.. Mari bersama-sama dukung dengan doa 🙂

    Reply
    • 16/07/2018 at 11:20 PM
      Permalink

      Aamiin semoga Indonesia juara!!

      Reply
  • 20/07/2018 at 11:49 PM
    Permalink

    Wah kreatif kang. Semoga pesan semangat Asian Games nya bisa menular ke banyak orang ya.

    By the way, ikut yang writingthon nya juga gak kang?
    Ane ikutan yang writingthon soalnya. 🙂 Mampir yak…

    Reply
    • 21/07/2018 at 5:41 AM
      Permalink

      Hehe niat banget ya. Hehe Siap mampir 😀

      Reply
  • 22/07/2018 at 9:47 PM
    Permalink

    Semoga olahraga Indonesia bisa bangkit dari keterpurukan, Optimis asal ada niat & usaha, management yang baik dan dukungan dari pemerintah .

    Reply
    • 22/07/2018 at 9:58 PM
      Permalink

      Aamiin. Tetap Optimis Indonesia Jaya! Thanks mas udah berkunjung di blog saya

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: