Coffee Morning Kapolda Metro Jaya Bersama Netizen by Feriald

Alhamdulillah hari ini, 08/05/2018, saya diundang sebagai blogger untuk menghadiri acara Coffee Morning Kapolda Metro Jaya Bersama Netizen. Acara ini dihadiri oleh berbagai netizen, terutama para blogger, vlogger, youtuber, dan content creator lainnya.

Pagi-pagi sekitar pukul 05.30 WIB saya berangkat dari Bekasi Timur naik Bus Mayasari Jurusan Blok M. Sekitar 30 menunggu akhirnya Bus yang ditunggu datang juga. Selama kurang lebih satu jam perjalanan saya menuliskan draft untuk caption twitter (meskipun ternyata akhirnya gak menang juga Haha).

Pukul 07.12 WIB saya tiba di Polda Metro Jaya. Saya segera menuju “meeting point” untuk bertemu kawan-kawan blogger. Disana sudah ada Kang Arul, Pak Syaifudin, Mas Huda, dan dua orang lagi saya lupa lagi namanya (yang pasti pas kenalan dia nyebutnya blogger newbie). Senewbie-newbienya blogger, dia gak pernah bilang newbie. Kecuali orang itu memang sudah Pro. Haha

Pukul 08.30 WIB saya registrasi dan dikasih kaos berjudul Social Media Competition dengan hastag #SebarkanBeritaBaik. Disana sudah banyak para blogger profesional. Ada juga blogger dari berbagai macam komunitas yang turut serta hadir dalam acara Coffee Morning tersebut. Kami dari Komunitas Blogger Jakarta diwakili oleh Mas Huda, Mas Iman, dan Mas Feriald (saya sendiri hehe).

Kami mengawali acara dengan mencicipi hidangan di lokasi acara. Owh iya, tempatnya berlangsung di Gedung Promotor yang merupakan gedung baru kebanggan Polda Metro Jaya. Kan namanya Coffee Morning jadi ya acaranya lebih banyak ngopi daripada presentasi. Hehe

Doa sebagai pembuka acara mengawali acara yang diliput media-media nasional tersebut. Kemudian Kadiv Humas Polda Metro Jaya, Raden Prabowo Argo Yuwono memberikan sambutan. Beliau meminta maaf karena acara tidak tepat waktu karena ada urusan yang sangat penting tentang kejadian yang berlangsung semalam.

“Polda Metro Jaya mengajak untuk menyebarkan berita baik karena saat ini banyak sekali berita yang tidak sesuai dengan fakta”

Begitulah statement dari Kadiv Humas Polda Metro Jaya dalam memerangi isu-isu yang provokatif. Kadang banyak berita yang tidak pas kemudian dipas-paskan sehingga menjadi polemik di masyarakat.

Dilanjutkan dari perwakilan Blogger, yaitu Doro Kakung Wicaksono. Beliau sudah malang melintang di perhelatan blog. Beliau mengatakan bahwa sudah ada 149 juta pengguna internet dan 130 juta pengguna media sosial. Tapi masih banyak sekali konten negatif. Kita harus aktif menyebarkan konten positif supaya menghasilkan sesuatu yang berguna masyarakat dan menjadikan situasi internet lebih menyenangkan.

“Selamat berlomba dan supaya membawa kebaikan”

Puncak acara pun tiba ketika perwakilan Kapolda Metro Jaya akan memberikan sambutan. Sayangnya beliau berhalangan hadir dan digantikan oleh Irwasda PMJ Kombes Pol Kamarul Zaman.

“Saya mengharap netizen tidak terprovokasi dan harus memfilter setiap berita yang tidak jelas sumbernya”

Beliau mencontohkan kejadian di Riau ketika berita hoax memberitakan adanya pelarangan ibadah bagi umat beragama tertentu. Akhirnya pelakunya tertangkap di Jakarta. Kita harus mengapresiasi kinerja dari jajaran kepolisian dalam memberantas berita hoax.

Namun Kepolisian tidak bisa bekerja sendiri. Adanya keterlibatan masyarakat atau netizen, terutama para content creator untuk memberantas hoax. Bagaimana caranya? Entah itu blogger, vlogger, ataupun content creator lainnya berupaya menyebarkan berita positif demi menciptakan suasana internet yang aman, nyaman, tertib, dan menyenangkan.

Sambutan tertulis Kapolda Metro Jaya yang diwakili oleh Irwasda PMJ Kombes Pol Kamarul Zaman diakhiri dengan gelaran Social Media Competition bertajuk “Mari Bersatu Menjaga NKRI” dengan hastag #SebarkanBeritaBaik.

Seperti dalam Press Releasenya yang dibagikan ke peserta undangan, Polda Metro Jaya mengajak semua netizen untuk berpartisipasi dalam event Lomba ini, buatlah karya terbaik dan hiasi laman blog, vlog, dan media sosial dengan konten yang positif dan paling kreatif. Hadiah lombanya adalah Sepeda Motor, Laptop, Kamera, Smart Phone. Dan pemenangnya juga akan berkesempatan meliput kegiatan Kapolda patroli udara dengan helikopter.

Keren banget kan lombanya? Eh hadiahnya. Hehe

Sesi penutup pun ditandai dengan pengumuman pemenang Live Tweet. Seperti tadi di awal saya bilang, saya bukan pemenangnya tapi tetap saya ikhtiar menulis draftnya. Hehe

Kemudian ada sesi foto bersama dengan Irwasda PMJ Kombes Pol Kamarul Zaman, Doro Kakung Wicaksono, dan Kadiv Humas Polda Metro Jaya, Raden Prabowo Argo Yuwono. Dengan poster yang berisikan tanda tangan petisi #SebarkanBeritaBaik diabadikan oleh berbagai media.

Itulah serangkain pengalaman saya ketika ikut acara yang sebetulnya tidak disangka-sangka karena pertama kali masuk ke Polda Metro Jaya. Gak nyesel ikutan acara ini. Semangat ngeblog saya pun semakin tinggi dan semoga rekan-rekan content creator lainnya pun merasakan demikian.

Terima kasih

Note : ditulis di Bus Mayasari dalam perjalanan pulang menuju Planet Bekasi 🙂

10 thoughts on “Coffee Morning Kapolda Metro Jaya Bersama Netizen by Feriald

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: